Dijelaskan Dalam Al-Quran, Berikut Keistimewaan Unta
15 Januari 2024

Baitullah.co.id – Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam yang didalamnya menyimpan banyak rahasia dan keistimewaan. Apapun yang ditulis dalam kitab yang satu ini, akan terjadi dan terjadi semua dalam kehidupan. Didalamnya tersimpan banyak keistimewaan tentang kehidupan manusia, hingga hewan.

Salah satu hewan yang akan kita bahas adalah hewan unta. Unta merupakan hewan yang memiliki keistimewaan sebagaimana dijelaskan Q.S Al-Ghasiyah 88 : 17-21

اَفَلَا يَنْظُرُوْنَ اِلَى الْاِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْۗ ١٧

  1. Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana ia diciptakan?

وَاِلَى السَّمَاۤءِ كَيْفَ رُفِعَتْۗ ١٨

  1. Dan kepada langit, bagaimana ia ditinggikan?

وَاِلَى الْجِبَالِ كَيْفَ نُصِبَتْۗ ١٩

  1. Dan kepada gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan?

وَاِلَى الْاَرْضِ كَيْفَ سُطِحَتْۗ ٢٠

  1. Dan kepada bumi bagaimana ia dihamparkan?

فَذَكِّرْۗ اِنَّمَآ اَنْتَ مُذَكِّرٌۙ ٢١

  1. Maka, berilah peringatan karena sesungguhnya engkau (Nabi Muhammad) hanyalah pemberi peringatan

Berikut keistimewaan unta yang dijelaskan dalam Al-Quran

Dilasir detikhikmah, hewan unta merupakan salah satu ciptaan-Nya yang sangat menakjubkan. Bagaimana bisa? Unta salah satu hewan yang anatominya dirancang sebaik mungkin agar mampu bertahan hidup dan menjadi sarana transportasi di tengah gurun padang pasir yang tandus dan sulit untuk menemukan cadangan air. Maka dari ini Allah SWT memerintahkan kita semua untuk merenungkan ciptaan-Nya yang menunjukkan kekuasaan dan kebesaran yang dimiliki oleh-Nya.

Memiliki Tenaga yang Kuat

Selain memiliki bentuk tubuh yang unik dan menakjubkan, hewan ini juga merupakan hewan yang sangat kuat. Unta selalu tunduk untuk membawa beban yang berat dan menuruti penuntunnya yang lemah.

Hewan yang Sangat Bermanfaat

Untuk bisa dijadikan hewan ternak yang memiliki banyak manfaat. Susu unta memiliki nilai nutrisi lebih tinggi daripada susu sapi, dagingnya yang bisa dikonsumsi dan juga digunakan sebagai hewan pekerja

Mampu Bertahan Hidup Selama 8 Hari Tanpa Makan dan Minum

Sebagai salah satu hewan yang bisa hidup di Gurun Pasir, hewan ini memiliki keunikannya sendiri. Unta bisa bertahan hidup selama delapan hari tanpa minum dan makan pada suhu 50 derajat.

Hewan ini memiliki punuk yang digunakan sebagai tempat menyimpan makan dan minuman. Punuk tersebut mengadung sekitar 40kg lemak yang menjadikan hewan ini mampu untuk bertahan hidup tanpa minum dan makan.

Baca Juga : Malam 1 Rajab Jatuh Pada Tanggal? Ini Kalender dan Amalan yang Perlu Diketahui

Memiliki Gigi dan Sistem Pencernaan yang Istimewa

Unta memiliki gigi yang telah dirancang untuk mampu memakan duri tajam dengan sangat mudah. Selain giginya yang unik, unta memiliki perut yang cukup kuat untuk mencerna makanan yang ada di Gurun Pasir.

Tahan dari Debu dan Butiran Pasir

Unta memiliki bulu mata yang panjang dan tebal, hal ini untuk mencegah masuknya debu ke dalam mata unta. Tidak hanya bulu mata, keunikan lainnya ada di hidung hewan yang satu ini, unta mampu menutup hidungnya dengan penutup khusus jika terjadi badai pasir.

Tubuh Istimewa yang Melindunginya

Unta memiliki telapak kaki yang lebar, sehingga mampu menahan tubuhnya agar tidak tenggelam dalam pasir. Kakinya yang panjang menjauhkan tubuhnya dari panasnya permukaan pasir.

Rambut unta yang tebal dan lebat menutupi tubuhnya, hal ini melindungi unta dari sengatan sinar matahari dan suhu padang pasir yang dingin setelah matahari terbenam

Selain rambut yang tebal, beberapa bagian tubuh unta juga tertutupi dengan lapisan kulit pelindung yang tebal. Lapisan kulit ini berada di tempat tertentu yang bersentuhan dengan permukaan tanab saat unta duduk di pasir yang panas.

Baca Juga : Masjid Nabawi Habiskan 30 Ton Parfum Setiap Hari

Begitulah kebesaran dan kekuasaan yang Allah SWT miliki. Menciptakan unta dengan segala keistimewaannya.

Sumber