Arab Saudi Beritahu Dimulainya Masa Operasional Haji 2024
16 Januari 2024

Baitullah.co.id – Arab Saudi resmi mengumumkan dimulainya masa operasional haji 1445 H/2024 M. Pihaknya melibatkan berbagai department untuk memastikan kelancaran ibadah haji tahun ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Haji dan Umrah Saudi Tawif Al-Rabiah usai Konferensi dan Pameran Layanan Haji dan Umroh di Jeddah pada Kamis, (11/1/2024), kutip Gulf News.

Dikatakan, kegiatan operasional haji 2024 bersifat komprehensif dan melibatkan berbagai department pemerintah dan swasta untuk memastikan ibadah haji ini terlaksana dengan lancar dan aman, sehingga memberikan pengalaman yang baik bagi para jamaah.

Hal ini mencakup berbagai tugas, prosedur, dan layanan yang dimulai dan dikelola untuk memfasilitasi kegiatan ibadah haji ini. kegiatan- kegiatan ini sangat penting untuk kelancaran pelaksanaan ibadah haji ini.

Saudi mengeluarkan berbagai layanan dan teknologi baru untuk memperkuat pengalaman jamaah pada Konferensi dan Pameran Layanan Haji dan Umroh tahun ini. Konferensi ini menyediakan platform untuk menyoroti proyek-proyek Arab Saudi yang didedikasi untuk para jamaah haji.

Dalam acara yang dihadiri 1.000 pengunjung tersebut Saudi memperkenalkan layanan aplikasi Nusuk. Nusuk merupakan platform terintegrasi Arab Saudi yang berada di bawah pengawasan Kementerian Haji dan Umrah Saudi.

Baca Juga : Dijelaskan Dalam Al-Quran, Berikut Keistimewaan Unta

Kantor Berita Negera Arab Saudi, SPA, menyampaikan pada kamis, (11/1/2024), aplikasi ini membantu dalam mengakses data sektor, mendapatkan layanan bernilai tambahan, memaksimalkan dan memfasilitasi pengalaman Jemaah, dan membantu Perusahaan dalam menyediakan layanan terbaik.

Diberitakan pada sebelumnya, Arab Saudi memperluas layanan Nusuk ke 126 negara untuk pendaftaran haji 2024. Layanan ini tersedia di berbagai negara-negara yang tidak memiliki misi haji untuk melayani Jemaah secara langsung.

Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah mengatakan Jemaah dari 126 negera itu bisa dengan mudah dan transparan memilih paket dan layanan ibadah yang sesuai. Mereka juga bisa mendapat visa haji secara langsung tanpa melalui pelantara.

Tidak hanya itu, aplikasi Nusuk juga melayani pendaftaran umroh. Jemaah bisa memilih paket dan layanan umroh melalui aplikasi ini. Setelah itu, Nusuk akan mengeluarkan izin umroh, thawaf, dan kunjungan ke Raudhah.

Baca Juga : Pecah! Jamaah Umroh 2023 dari Luar Saudi Alami Lonjakan Hingga 13,55 Juta

Sumber