Ketika Umat Islam Berhaji Mereka Pasti Mengunjungi Baitullah Kata Baitullah Artinya?
09 November 2022
Baitullah.co.id – Ibadah haji adalah ibadah wajib bagi muslim yang mampu. Ibadah haji adalah agenda seorang muslim untuuk mengunjungi Baitullah.
Ketika umat Islam berhaji mereka pasti mengunjungi baitullah kata baitullah artinya adalah rumah Allah.

Dalam kata dasarnya, bait Allah (بيت اﻟﻠّﻪ) mempunyai arti rumah Allah atau rumah tuhan. Penamaan ini teristilahlan dari Alquran.
surat Al Baqarah ayat 125 dan surat Al Hajj ayat 26 menyebutkan bahwa Bait Allah adalah rumah Allah.

وَاِذۡ جَعَلۡنَا الۡبَيۡتَ مَثَابَةً لِّلنَّاسِ وَاَمۡنًا ؕ وَاتَّخِذُوۡا مِنۡ مَّقَامِ اِبۡرٰهٖمَ مُصَلًّى‌ ؕ وَعَهِدۡنَآ اِلٰٓى اِبۡرٰهٖمَ وَاِسۡمٰعِيۡلَ اَنۡ طَهِّرَا بَيۡتِىَ لِلطَّآٮِٕفِيۡنَ وَالۡعٰكِفِيۡنَ وَالرُّکَّعِ السُّجُوۡدِ

Wa iz ja'alnal Baita masaabatal linnassi wa amnanw wattakhizuu mim Maqoomi Ibraahiima musallaaa; wa 'ahidnaaa ilaaa Ibraahiima wa Ismaa'iila an tahhiraa Baitiya littaaa'ifiina wal'aakifiina warrukka'is sujuud.

Artinya: “Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) sebagai tempat berkumpul manusia dan tempat aman. Dan jadikanlah sebagian maqam Ibrahim sebagai tempat salat. Dan telah kami perintahkan Ibrahim dan Ismail ‘Bersihkan rumah-Ku untuk orang-orang Tawaf, yang i’tikaf, ruku, dan yang sujud.'”

Surat Al Hajj ayat 26:

وَاِذۡ بَوَّاۡنَا لِاِبۡرٰهِيۡمَ مَكَانَ الۡبَيۡتِ اَنۡ لَّا تُشۡرِكۡ بِىۡ شَيۡـًٔـا وَّطَهِّرۡ بَيۡتِىَ لِلطَّآٮِٕفِيۡنَ وَالۡقَآٮِٕمِيۡنَ وَ الرُّكَّعِ السُّجُوۡدِ

Wa iz bawwaanaa li Ibraahiima makaanal Baiti allaa tushrik bii shai'anw wa tahhir Baitiya litaaa'ifiina walqooa' imiina warrukka 'is sujud.

Artinya: “Dan (ingatlah), ketika Kami tempatkan Ibrahim di tempat Baitullah (dengan mengatakan), "Janganlah engkau mempersekutukan Aku dengan apa pun dan sucikanlah rumah-Ku bagi orang-orang yang tawaf, dan orang yang beribadah dan orang yang rukuk dan sujud."

Terlepas dari pengertian dan juga firman Allah diatas, pada hakikatnya kita harus benar-benar mengilhami apa makna daripada haji.

Bahwa secara harfiah, badah haji sebagai salah satu sarana melakukan komunikasi antara seorang hamba dengan Khalik-nya.
Sumber
Baitullah