Pengunjung Masjid Nabawi Melonjak Menjadi 5.8 Juta dalam Satu Pekan
22 Januari 2024
Baitullah.co.id – Masjid Nabwi merupakan masjid terbesar ke-2 di Arab Saudi, setelah Masjidil Haram. Tidak heran, area masjid yang luas ini didatangi oleh pengunjung setiap harinya. Banyak jamah yang melakukan shalat fardhu dan sunnah di masjid Nabawi, menghabiskan waktunya untuk dekat-dekat dengan Rasulullah SAW dan berkunjung ke kedua makan sahabat Rasulullah.

Dilasir dari Gulf News, Jumat, (19/1/2024) sebanyak 5,8 Juta umat Islam beribadah di Masjid Nabawi, Kota Madinah, Saudi. Dalam satu pekan ini yang bertepatan dengan libur sekolah di Kerajaan terebut, menurut data resmi.
Otoritas Umum untuk Perawatan Masjid Nabawi mengatakan periode yang dikutip berlangsung dari tanggal 28 bulan Islam bulan Juamad II dan tanggal empat rajab.

Jumlah pengunjung termasuk 130.401 jamaah laki-laki dan 115.551 jamaah Perempuan, yang mengunjungi Al Rawda Al Sharifa, tempat Rasulullah di makamkan didalam masjid tersebut. Menurut waktu kunjungan terpisah yang dialokasikan untuk laki-laki dan Perempuan.

Baca Juga : Kenikmatan yang Dirasakan Penghuni Surga Menurut Al-Quran, Umat Muslim Harus Tau!

Pada minggu yang sama, sekitar 123.200 bungus air zam-zam dan 99.832 makanan untuk berbuka puasa dibagikan kepada jamaah di area yang ditentukan di masjid, menurut Lembaga negara.
Tidak hanya itu, pameran di pavilium masjid menerima 2.492 pengunjung yang ingin mengetahui fase perluasan masjid tersebut selama bertahun-tahun.

Sebelum atau sesudah melakukan ibadah umroh atau ziarah kecil di Kawasan Masjdiil Haram, tempat paling suci umat Islam, di Mekkah, banyak jamaah atau peziarah yang berduyun-duyun ke Madinah untuk melaksanakan shalat di Masjid Nabawi hingga mengunjungi tempat-tempat bersejarah Islam lainnya yang berada di Kota Madinah.
Arab Saudi memperkirakan sekitar 10 juta Muslim dari luar negeri akan melaksanakan umroh pada musim ini yang dimulai lebih dari enam bulan lalu.

Otoritas Saudi yang bertanggung jawab atas Masjid Nabawi mengerahkan upaya untuk menerima jamaah dari seluruh Kerajaan selama liburan sekiolah yang berakhir awal pekan ini.

Otoritas Umum untuk Perawatan Dua Masjid Suci mengatakan pihaknya telah mengintensifkan layanan termasuk pekerjaan desinfeksi dan pembersihan, pengelolaan kerumunan orang yang masuk dan keluar masjid, dan bantuan kepada jamaah yang disabilitas dan lanjut usia.

Baca Juga : Arab Saudi Lakukan Mobilisasi di Masjid Nabawi Selama Liburan Sekolah
Sumber