Nabi Adam Meminta Kepada Allah SWT 40 Tahun Umurnya Diberikan Kepada Nabi Daud, Berikut Kisahnya
24 Januari 2024
BAITULLAH.CO.ID - Nabi Daud AS merupakan nabi yang mendapatkan keberuntungan dalam hal umur. Menurut sebuah Riwayat, Nabi Daud mendapatkan tambahan umur dari Nabi Adam AS.

Dalam buku Al-Aabaa wal Abnaa fil Qur'anil Karim karya Adil Musthafa Abdul Halim dan diterjemahkan oleh Abdul Hayyie al-Katani dan Fithriah Wardie mengungkap bahwa Nabi Daud AS masih keturunan Nabi Ibrahim AS dari anaknya, Nabi Ishaq AS.

Nabi Adam AS dianugerahi usia yang panjang oleh Allah SWT. Banyak Riwayat yang menceritakan bahwa Nabi Adam AS diberi usia hingga 1.000 tahun. Selain itu, ia memiliki tinggi tubuh yang berbeda dengan manusia saat ini. Tinggi badannya mencapai 60 hasta atau sekitar 18 meter. Sudah bisa dibayangkan perbandingan tingginya antara Nabi Adam AS dan manusia biasa.

Baca Juga : Allah SWT Ajarkan Nabi Adam AS Nama-nama Benda di Bumi, Dijelaskan Dalam Q.S Al-Baqarah Ayat 31

Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah diceritakan kalau Nabi Adam AS pernah memberikan umurnya sejumlah 40 tahun untuk Nabi Daud, berikut kisahnya

Selain kenabian dan kerjaan, Allah SWT juga menganugerahkan juga Nabi Daud AS dengan umurnya yang 100 tahun. Hadits ini diriwayatkan dari Ibnu Abbas. Diceritakan, ketika Allah SWT mengeluarkan anak-anak keturunan Adam AS dari punggungnya, lalu ia melihat di antara mereka ada yang menjadi para nabi. Ia melihat di antara anak-anak keturunannya seorang laki-laki yang bagus bercahaya.

Kemudian Adam AS bertanya, "Wahai Tuhanku, siapakah dia?" Allah SWT menjawab, "Ia adalah anak keturunanmu yang bernama Daud."

Adam AS kembali bertanya, "Wahai Tuhanku, berapa umurnya?" Allah SWT menjawab, "60 tahun."

Adam AS berkata, "Wahai Tuhanku, tambahkanlah umurnya." Allah SWT menjawab, "Tidak, Aku tidak akan menambah umurnya, kecuali Aku tambah umurnya dengan mengambil dari umurmu."

Allah SWT menetapkan usia Adam AS mencapai 1000 tahun. Dari umurnya, Nabi Adam memohon agar diambil 40 tahun untuk ditambahkan kepada keturunannya itu, yakni Daud AS.

Saat tiba ajal Adam AS, malaikat maut datang kepadanya. Adam AS keheranan seraya bertanya, "Bukankah umurku masih tersisa empat puluh tahun lagi?"

Kala itu Nabi Adam AS lupa bila umurnya telah dikurangi karena untuk menambah umur salah satu keturunannya, Daud AS. Akan tetapi, kemudian Allah SWT menyempurnakan kembali umur Adam AS menjadi 1000 tahun, begitu pula dengan usia Daud AS yang 100 tahun." (HR Ahmad)

Baca Juga : Umroh di Bulan Rajab Lebih Utama, Benarkah?

Imam At-Tirmidzi turut meriwayatkan hadits tersebut dari Abu Hurairah dengan redaksi yang serupa. Ia mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih.

Sementara itu, dalam riwayat yang dikeluarkan oleh Abu Hatib bin Hibban dalam Kitab Shahih-nya dari Abu Hurairah RA, jumlah umur yang ditetapkan untuk Nabi Daud AS adalah 40 tahun dan Nabi Adam AS memberikan 60 tahun jatah umurnya kepada Nabi Daud AS.
 
Sumber
Detik.com