Sebanyak 21.000 Bus Disediakan Saudi untuk Layani Jemaah Haji Tahun Ini
25 Januari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Arab Saudi lagi-lagi membuat para Jemaah Haji merasa nyaman akan fasilitasnya yang lengkap. Salah satunya sebanyak 21.000 unit bus disediakan untuk melayani Jemaah haji pada tahun ini. Diperkirakan 2 juta Jemaah dari dalam ataupun luar Arab Saudi akan melaksanakan ibadah haji pada bulan Juni 2024.

Juru Bicara Asosiasi Mobil Arab Saudi Rubah Al Ghusn mengatakan, “ Jumlah bus para Jemaah hingga saat ini mencapai 21 ribu bus dari 65 perusahaan,” ucapnya, dikutip kamis, (25/1/2024)

Baca Juga : Masjidil Haram Akan Dibagi Dalam Beberapa Zona Berkode oleh Saudi

Al Ghusn menjamin, 65 perusahaan itu sudah memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai alat transportasi haji. Persiapan awal ibadah haji tahun ini, Arab Saudi akan meluncurkan pengoperasiannya pada awal bulan ini.

2 juta Jemaah yang melaksanakan haji, pada musim haji tahun kemaren. Tempat-tempat suci yang menjadi lokasi berada di atau sekitaran Kota Makkah. Bus-bus yang melayani Jemaah haji harus bergerak secara sinergi untuk menghindari penumpukan di lokasi tempat-tempat suci.

Selain itu, Arab Saudi telah menetapkan aturan baru untuk musim haji tahun ini. Tempat-tempat khusus diberikan kepada negara-negara yang paling cepat mendaftar.

Menurut aturan tersebut, tidak ada tempat khusus pemondokan (maktab) untuk setiap negara. Menteri Urusan Haji dan Umroh Arab Saudi Tawfeeq Al Rabiah mengatakan, penentuan maktab bagi setiap negeri akan ditentukan nanti berdasarkan penyelesaian kontrak. “Negara yang menandatangani kontrak lebih awal akan diberi prioritas untuk mengambil tempat yang sesuai di tempat-tempat suci.” Ucapnya

Baca Juga : Nabi Adam Meminta Kepada Allah SWT 40 Tahun Umurnya Diberikan Kepada Nabi Daud, Berikut Kisahnya – Part 2

Penerbitan visa haji sendiri baru akan dimulai pada tanggal 1 Maret hingga 29 April 2024. Kedatangan Jemaah haji di Arab Saudi akan dimulai pada tanggal 1 Dzulqaidah atau bertepatan dengan 9 Mei 2024.

“Gelombang I akan diberangkatkan mulai tanggal 12 Mei selama 12 hari kemudian dengan tujuan ke Madinah. Lalu, gelombang II tujuannya ke Jeddah selama 18 hari mulai tanggal 24 Mei HINGGA 10 Juni,” Ucap Hilman dalam Rapat Dengar Pendapat Panja BPIH Komisi VII DPR RI, Rabu (15/11/2023)
Sumber