Dibalik Kemewahan Karpet Masjid Nabawi, Ternyata Dilengkapi Cip Pelacak!
25 Januari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Masjid Nabwi berada di Kota Madinah, masjid ini sering kali dirindukan oleh para Jemaah haji dan umrah setelah Ka’bah. Kerinduan para Jemaah inilah yang membuat mereka ingin kembali ke Tanah Suci. Selain terkenal akan payung raksasa yang indah dan kubah yang bisa bergeser secara otomatis, ternyata kemewahannya lainnya terdapat di Karpet masjid ini.

Otoritas Umum Perawatan Dua Masjid Suci ini mengatakan, terdapat 25.000 karpet di Masjid Nabawi ini. Dan setiap karpet dilengkapi dengan cip pelacak yang berisi detail informasi mengenai karpet.

Baca Juga : Sebanyak 21.000 Bus Disediakan Saudi untuk Layani Jemaah Haji Tahun Ini

Dilansir kantor berita Saudi, SPA, Kamis, (25/01/2024), department pembersih karpet otoritas menggelar lebih dari 25.000 karpet di kawasan Masjid Nabawi, sampai bagian atap dan halaman dan untuk mensterilkan hingga mengharumkannya setia hari. Guna karpet ini adalah untuk kenyamanan para Jemaah yang sedang melaksanakan ibadah.

Karpet yang digunakan Masjid Nabawi ini tergolong sangat mewah, kuat dan berbahan tebal. Tidak hanya itu karpet ini memiliki tekstur yang padat dan warna yang stabil sehingga tidak akan pudar pada saat dicuci. Setiap karpet yang digelar dilengkapi dengan cip elektronik untuk melacak lokasinya dan waktu pembersihan. Selain itu, cip ini juga memuat informasi terkait pewangi, pengangkatan, dan pergerakan karpet di dalam area Masjid Nabwi.

Baca Juga : Saudi Anjurkan Pakai Masker di Dua Masjid Suci, Masjidil Haram-Masjid Nabawi

SPA melaporkan, Kerajaan Arab Saudi setiap harinya menghabiskan lebih dari 81.000 liter zat pembersih untuk menyucikan Masjid Nabawi Kota Madinah ini.

Tidak hanya itu, Pihak berwenang Saudi setiap hari menggunakan 115 ton zat strerilisasi permadani dan 30 ton (30.000 liter) parfum di Masjid Nabawi, situs tersuci kedua umat Islam di Madinah, yang merupakan tujuan utama umat Muslim dari seluruh dunia.
Sumber