Masuk Raudhah, Taman Surga Tempat Mustajabnya Doa. Tanpa Antrean, Berikut Tipsnya!
29 Januari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Bagi Jemaah yang sudah pernah berkunjung ke Baitullah pasti sangat menantikan moment yang satu ini, yaitu mengunjungi Makam kekasih Allah SWT yang mulia baginda Nabi Muhammad SAW. Raudhah tempat di antara makam dan mimbar beliau, tempat ini juga sering disebut dengan taman surga. Tetapi untuk masuk ke Raudhah ini, harus mengantre terlebih dahulu sesuai dengan kloter yang sudah diarahkan. Adapun untuk masuk ini harus menggunakan Aplikasi Nusuk.

Antrean yang sangat panjang, inilah perjuangan para Jemaah untuk berdoa, berdizikir, hingga shalat disana. Apakah ada tips agar bisa menembus antrean panjang ke Raudhah?

Baca Juga : Mana yang Lebih baik? Dahulukan Orangtua Berhaji atau Diri Sendiri?

Dilasir dari detiknews kesempatan untuk mencoba antrean menuju Raudhah dalam beberapa waktu yang berbeda yaitu selesai shalat Zuhur, selesai Isya, tengah malam, dan pagi menjelang sholat Dhuha.

Tips lain, masuklah dari pintu 2 Masjid Nabawi. Karena, jika masuk ke pintu 1 letak makam Rasulullah SAW dan kedua sahabat jika dilalui dari pintu 1 maka harus melawan arus, dikhawatirkannya akan ditegur oleh tim Askar (polisi Arab). Masuklah melalui pintu 2 lalu kenali daerah Raudhah, ciri-cirinya yaitu dengan warna karpet berwarna hijau muda, jika warna karpet masjid pada umumnya berwarna merah. Dan terdapat 5 tiang berwarna putih berukuran besar yang dihiasi ornament kaligrafi klasik pada bagian atas tiang ini.

Masuk 1-2 Jam Sebelum Adzan
Pada saat bukan musim haji dan umrah, masuk ke raudhah bisa 15 menit sebelum adzan, karena tidak terlalu padat Jemaah.  Akan tetapi jika pada musim haji dan umrah, masuk sebelum 1-2 jam sebelum adzan. Sebab, sebelum beberapa saat adzan berkumandang, raudhah akan ditutup. Dan Jemaah yang sudah berada di dalam tidak akan diusir oleh Askar.

Masuk Raudhah Tengah Malam
Pada tengah malam ini, antrean Jemaah tidak terlalu panjang sehingga bisa shalat, berdzikir, dan berdoa di dalam Raudhah. Selain itu, askar dan polisi tidak terlalu ketat dalam pengawasan Jemaah di Raudhah.

Berdoa di Sujud Terakhir
Penjagaan ketat pada saat di Raudhah, dikarenakan banyak antrean yang menunggu untuk masuk ke dalam Raudhah, sehingga waktu yang kita miliki terbatas. Sahabat bisa coba tips ini, melaksanakan shalat sunnah disana dan pada saat sujud terakhir panjatkan doa sebanyak-banyaknya.
Sumber