Jadi Akomodasi Haji, Saudi Targetkan 4 Ribu Gedung di Makkah
30 Januari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Kerajaan Arab Saudi menetapkan target gedung di mekkah yang nantinya akan dijadikan akomodasi Jemaah haji tahun ini. Sebanyak 4 ribu gedung yang dibangun untuk menampung para Jemaah haji di Kota Makkah.
Sebagaimana informasi ini dibenarkan oleh Juru Bicara Walikota Makkah, Osama Zaytuni melalui stasiun TV lokal Saudi Al Ekhbariya.

Baca Juga : Memiliki Tinggi 30 Meter, Tinggi Nabi Adam AS Postur Tubuh Penghuni Surga

“Pemerintah kota berencana untuk memberi izin pada 4 ribu bangunan yang terdiri dari hampir 500 ribu kamar yang dapat menampung sekitar 2 juta Jemaah haji,” ucapnya, dikuti dari Gulf News, Selasa (30/1/2024)

Ia juga mengatakan, pihaknya berharap ada peningkatan jumlah Jemaah haji pada tahun ini dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Menurut pendapat Zaytuni, sejauh ini sudah ada seribu gedung yang diizinkan atau mendapat lisensi sebagai akomodasi untuk para Jemaah haji. Angka tersebut akan terus meningkat hingga akhir Rajab atau menurut kalender Islam bertepatan dengan tanggal 10 Februari 2024

“Pendaftaran masih terus berjalan.Masih ada waktu untuk mendapatkan izin hingga akhir Rajab,” ucapnya

Komite Urusan Perumahan Haji di Makkah sebelumnya juga meminta para pemiliki gedung yang hendak dijadikan akomodasi haji tahun ini bisa langsung menghubungi kantor akreditasi setempat agar bisa diperiksa seluruh persyaratannya.

Baca Juga : Aturan Baru Masuk Raudhah, Jemaah Wajib Scan Barcode

Yang dipersiapkan oleh pemerintah Arab Saudi tidak hanya gedung sebagai akomodasi, juga menyiapkan bus untuk mengangkut Jemaah haji, sebanyak 21 ribu bus dari 65 perusahaan.

Penerbitan visa haji sendiri baru akan dimulai pada tanggal 1 Maret hingga 29 April 2024. Kedatangan Jemaah haji di Arab Saudi akan dimulai pada tanggal 1 Dzulqaidah atau bertepatan dengan 9 Mei 2024.

“Gelombang I akan diberangkatkan mulai tanggal 12 Mei selama 12 hari kemudian dengan tujuan ke Madinah. Lalu, gelombang II tujuannya ke Jeddah selama 18 hari mulai tanggal 24 Mei HINGGA 10 Juni,” Ucap Hilman dalam Rapat Dengar Pendapat Panja BPIH Komisi VII DPR RI, Rabu (15/11/2023)
Sumber
Detik.com