Sebelum Beraktivitas, Baca Doa Ini! Memulai Pekerjaan
31 Januari 2024

BAITULLAH.CO.ID – Sebelum memulai aktivitas baiknya kita berdoa terlebih dahulu, agar apa yang kita kerjakan ini menjadi ladang pahala dan berkah. Salah satunya yaitu saat memulai pekerjaan. Agar kerjaan kita diberikan kemudahan, kelancaran, dan selesai dengan baik. karena yang kita lakukan dalam bekerja itu adalah salah satu ikhtiar kita dalam mencari rezeki, baik itu untuk diri sendiri, bahkan keluarga.

Dalam Al-Quran, terkait bekerja disebutkan dalam surah Hud ayat 6, yang berbunyi,

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ

Artinya: "Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)."

Baca Juga : Suatu Rahmat Ketika Hujan Turun, Begini Doanya

Dilasir dari detikhikmah, buku Doa Mengundang Rezeki: Sukses dalam Hidup, berkah dalam Usaha oleh Islah Susmian berikut adalah doa untuk memulai pekerjaan yang dapat dipanjatkan.

َّأَللَّهٌمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَعَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مٌبَارَكًا، اَللَّهُمَّ إِنَّكَ أَمَرْتَ بِالدُّعَاءِ وَقَضَيْتَ عَلَىَّ نَفْسَكَ بِالْاِسْتِجَابَةِ وَأَنْتَ لَا تٌخْلِفٌ وَعْدَكَ وَلَا تٌكَذِّبُ عَهْدَكَ اَللَّهُم مَا أَحْبَبْتَ مِنْ خَيْرٍ فَحَبِّبْهٌ إِلَيْنَا وَيَسِّرْهُ لَنَا وَمَا كَرَهْتَ مِنْ شَئْ ٍفَكَرِهْهُ إِلَيْنَا وَجَنِّبْنَاهُ وَلَا تُنْزِعْ عَنَّا الْإِسْلَامَ بَعْدَ إِذْ أَعْطَيْتَنَا

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku meminta dari keutamaan-Mu dan pemberianMu, rezeki yang baik lagi berkah. Ya Allah sesungguhnya engkau memerintahkan untuk berdoa dan memutuskan atasku pengabulan doa, dan engkau Zat Yang tidak melanggar janji dan tidak mendustainya. Ya Allah, tidak ada kebaikan yang engkau sukai, kecuali Engkau jadikan kami mencintai kebaikan tersebut dan mudahkanlah kami mendapatkannya. Dan tidak ada sesuatu yang Engkau benci kecuali Engkau jadikan kami benci terhadap sesuatu tersebut dan jauhkanlah kami darinya. Dan janganlah Engkau cabut dari kami keislaman kami setelah Engkau berikan."

Lalu, dilanjutkan dengan membaca doa berikut:

اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً, وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ. اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ.

Artinya: "Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezeki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu ni'mat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang."

Baca Juga : Mengenal Multazam, Tempat Mustajab untuk Berdoa di Tanah Suci

Doa-doa di atas mengacu pada Kitab ad-Du'a oleh Imam al-Thabrani. Doa dapat dibaca agar rezeki yang dicari berkah. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits,

“Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat berkah dan keuntungan.” (HR. Thabrani dan Al Bazzar)

Jika setelah, berkerja kitab isa mengucapkan kalimat hamdalah, Alhamdulillah. Dan bertawakal kepada Allah SWT agar apa yang kita kerjakan menjadi berkah dan mendapatkan hasil sesuai dengan diharapkan.
Sumber