Ingin Lancar Rezeki? Coba Amalkan 3 Doa Ini
02 Februari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Rezeki merupakan salah satu anugerah yang Allah SWT berikan kepda hamba-Nya. Ada beberapa cara agar mendapatkan rezeki yaitu dengan kita berikhtiar seperti bekerja, buka usaha dan berdoa. Jika kita barengin semua itu, bekerja dengan sepenuh hati dan senantiasa berdoa insyaallah akan mendapatkan nikmat rezeki yang halal, berkah dan berlimpah.

Setiap orang memiliki rezekinya masing-masing dan pasti menginginkan rezeki yang baik. Rezeki yang berasal dari sumber yang halal akan mendatangkan keluarga yang bahagia. Allah SWT telah menjamin rezeki setiap makhluk-Nya, hanya saja bagaimana cara kita menjemput rezeki tersebut. Jika, Ia menjamin rezeki setiap makhluk-Nya, maka Ia pula yang berhendak menyempitkan rezeki hamba-Nya.

Baca Juga : Rasakan Hikmah Shalat Dhuha Tiap Harinya

Tertulis dalam Al-Quran Surat Saba ayat 36, yang menjelaskan tentang rezeki

قُلْ إِنَّ رَبِّى يَبْسُطُ ٱلرِّزْقَ لِمَن يَشَآءُ وَيَقْدِرُ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya: Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan menyempitkan (bagi siapa yang dikehendaki-Nya). akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui"
Namun ada masanya kita diuji dengan rezeki yang sedikit, maka tidak ada salahnya untuk kita mengamalkan doa agar meminta dipermudah rezeki kita. Dilasir dari detikHikmah. Berikut beberapa doa agar rezeki lancar yang bisa diamalkan.
 

1. Surat Al Maidah ayat 114

Doa agar rezeki lancar ini sebelumnya pernah dibacakan oleh Nabi Isa As, sebagai berikut
اللهم رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ
Artinya: "Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berilah kami rezeki dan Engkaulah sebaik-baiknya pemberi rezeki."

2. Surat Al Qasas ayat 24

Doa memohon kemudahan rezeki pernah dibacakan oleh Nabi Musa As pada saat dilanda kesulitan, sebagai berikut
رَبِّ اِنِّيْ لِمَآ اَنْزَلْتَ اِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٌ
Artinya: Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan (makanan) yang Engkau turunkan kpadaku.

Baca Juga : Sebelum Beraktivitas, Baca Doa Ini! Memulai Pekerjaan

3. Doa Memohon Rezeki oleh Ibnu Umar RA

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ
Artinya: "Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang kau tunda dan enggan menunda apa yang kau segerakan."

Berikut itulah doa agar rezeki lancar, yang bisa kita panjatkan sebagaimana para Nabi pernah mengamalkannya, semoga Allah SWT selalu memudahkan urusan kita untuk mencari rezeki yang halal.
Sumber