Tawaf Sukses, Kementerian Haji dan Umrah Saudi Beri 3 Tips
02 Februari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Sampai saat ini Jemaah dari berbagai negara masih melangsungkan ibadah umrah pada tahun ini. Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi membagikan tips agar tawaf berjalan sukses di tengah kepadatan Jemaah.
Tawaf merupakan salah satu Rukun Haji dan Umrah yang bersifat wajib dilakukan pada saat ibadah di Tanah Suci. Tawaf sendiri dilakukan dengan mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh putaran yang dimulai dari batu Hajar Aswad dengan posisi di sebelah kiri ka’bah dan berakhir pada titik yang sama.

Baca Juga : Ingin Lancar Rezeki? Coba Amalkan 3 Doa Ini

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan Jemaah pada saat melaksanakan rukun yang satu ini, mengingat banyaknya Jemaah lain yang juga sedangkan melangsungkan ibadah serupa. Melalui akun media sosialnya, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi membagikan sejumlah tips untuk melaksanakan tawaf.

Dalam postingannya sabtu, (27/1/2024) itu, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi membagikan tiga pedoman penting agar sukses mengelilingi ka’bah. Tiga tips itu antara lain:
  • Larutkan diri dalam doa dan komunikasi dengan Allah SWT
  • Hindari melakukan tindakan apa pun yang memicu saling dorong, kepadatan atau kekacauan
  • Tahan diri untuk tidak menghalangi kelancaran gerak sesame muslim lainnya yang melakukan tawaf
Baca Juga : 4 Rekomendasi Destinasi Wisata di Makkah, Arab Saudi

Stroller bayi tidak diperbolehkan memasuki area mengelilingi yang disebut mataf (area yang sama dengan pengguna kursi roda saat melakukan tawaf), sedangkan diperbolehkan masuk ke lantai atas mataf serta ke area ma’sa (area lari Safa dan Marwa) tempat ritual antara Safa dan Marwa di dalam masjid dilakukan. Dikuti dari Gulf News Kamis, (1/2/2024).

Penerbitan visa haji sendiri baru akan dimulai pada tanggal 1 Maret hingga 29 April 2024. Kedatangan Jemaah haji di Arab Saudi akan dimulai pada tanggal 1 Dzulqaidah atau bertepatan dengan 9 Mei 2024.

“Gelombang I akan diberangkatkan mulai tanggal 12 Mei selama 12 hari kemudian dengan tujuan ke Madinah. Lalu, gelombang II tujuannya ke Jeddah selama 18 hari mulai tanggal 24 Mei HINGGA 10 Juni,” Ucap Hilman dalam Rapat Dengar Pendapat Panja BPIH Komisi VII DPR RI, Rabu (15/11/2023)
Sumber
Detikhikmah