Otoritas Urusan Dua Masjid Suci, Lakukan Upaya Besar Menyediakan Listrik Secara Terus Menerus ke Masjidil Haram
06 Februari 2024
BAITIULLAH.CO.ID – Masjidil Haram merupakan salah satu masjid terbesar di seluruh Dunia, berada di Makkah, Arab Saudi. Masjid ini tentunya memiliki lampu yang tidak sedikit, fungsinya untuk menerangi para Jemaah yang sedang melaksanakan ibadah agar tetap fokus dan nyaman.

Dilaporkan kantor berita pemerintah Arab Saudi, Sudi Press Agency (SPA), Selasa (5/2/2024), Otoritas Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi mengumpulkan upaya luar biasa untuk memastikan pasokan Listrik yang memadai ke Masjdil Haram, Makkah, bagi para Jemaah dan pengunjung, yang sedang melaksanakan ibadah.

Baca Juga : Melawan Kaum Ad yang Sombong, Berikut Kisah Haru Perjalanan Nabi Hud As

Dua belas stasiun utama dan gardu induk memasok Listrik dalam jumah besar ke Masjidil Haram setiap bulan untuk mengoperasikan lebih dari 250.000 peralatan Listrik dan mekanik, perangkat elektronik, layanan pendukung seperti pendingin dan pembersihan, dan lebih dari 120.000 unit penerangan, yang menyala selama 24 jam tanpa henti untuk menerangi Masjidil Haram, Halaman, Atap hingga Menaranya.

Unit-unit tersebut dikendalikan oleh pusat kendali khusus di Masjidil Haram yang menggunakan teknologi terbaru. Tim pemeliharaan bertugas memeriksan setiap titik pencahayaan dan mengevaluasi efesiensinya secara terus menerus. Tes mingguan juga dilakukan untuk memastikan keamanan dan kesiapan seluruh saluran Listrik dan generator yang ada, khususnya selama musim Ramadhan dan musim haji pada tahun ini.

Untuk memastikan pasokan Listrik yang berkelanjutkan ke Masjidil Haram jika terjadi pemadam Listrik, uninterruptible power supply unit (UPS) menyediakan listrik ke seluruh masjid.

Baca Juga : Saudi Izinkan Akad Nikah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Otoritas Umum Perawatan Dua Masjid ingin mencapai kepuasan untuk para jamaah dengan kualitas layanan yang mereka berikan, yang ditawarkan dalam visi ambisius kerja sama antara pihak-pihak yang berpatisipasi untuk melayani para jamaah melalui koordinasi terpadu sambil memanfaatkan teknologi modern. Pelayanan yang diberikannya antara lain mengintensifkan pekerjaan pencucian, mensterilkan Masjdil Haram di Makkah, atap, halaman, hingga fasilitasnya, serta mempersiapkannya untuk pengunjung dan jamaah. Dilansir Saudi Gazette, Sabtu (23/12/2023)
Sumber