Tips Hidup Sehat Islami yang Perlu Generasi Z Tiru
07 Februari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Generasi Z merupakan generasi yang hidup berdampingan dengan teknologi, maka segala sesuatu akan lebih mudah untuk didapatkan. Dalam kehidupan yang berdampingan dengan teknologi pasti memiliki sisi baik dan buruknya. Terkadang kita sebagai anak muda merasa insecure dengan apa yang orang lain punya. Hal ini yang membuat dampak buruk kepada diri sendiri.

Buatlah hidup yang penuh dengan hal-hal yang baik, karena hal-hal tersebut akan berpengaruh kepada kesehatan jiwa dan raga tentu berdampak juga kepada lingkungan sekitar kita. Sebagaimana Rasulullah SAW banyak mengajarkan tips hidup Islami kepada umatnya, baik secara sengaja maupun tidak.

Baca Juga : Masih Muda? Ini Saatnya Melaksanakan Ibadah Umrah, Berikut Tips & Triknya!

Berikut tips hidup sehat Islami yang perlu diterapkan :

1. Selalu Bersyukur
Sebagaimana firman Allah SWT bahwa manusia yang bersyukur akan ditambah nikmatnya, namun sebaliknya jika manusia bersifat kufur maka Allah SWT akan mencabut nikmatnya kembali. Bersykurlah atas segala sesuatu yang telah kita dapatkan, sesuai atau tidak sesuai dengan keinginan kita.

Selalu bersyukur ini merupakan salah satu kunci untuk hidup sehat Islami yang dapat generasi Z terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bersyukurlah hari ini, esok, dan nanti.

2. Menolong Sesama
Yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW adalah menolong kepada sesama. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW bahwa barang siapa yang melepaskan kesusahan dari saudaranya, kelak di akhirat nanti Allah SAW akan melepaskan kesusahan orang tersebut.

Tips ini bisa dilakukan dikehidupan sehari-hari, selain membuat hati orang yang ditolongnya senang, Allah SWT pun akan mengirimkan orang-orang baik disekeliling kita.

3. Ikhlas
Ikhlas adalah perasaan yang tidak mengharapkan atau imbalan apapun atas pekerjaan yang telah dilakukan. Ikhlas inipun bersangkutan dengan rasa Syukur yang dimana kita menerima apa yang telah terjadi dikehidupan kita. Jika kita Ikhlas dan berikhtiar maka Allah SWT akan memberikan yang lebih dari yang kita inginkan.

Baca Juga : Segala Hajat Dikabulkan, Berikut Doa Isra’Mi’raj Malam 27 Rajab


4. Tidak berlebih-lebihan
Tips selanjutnya adalah tidak berlebih-lebihan dalam segala hal, Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk hidup sederhana dan tidak berlebihan, apalagi jika diselimbuti dengan hawa nafsu.

Untuk sekedar Self Reward menurut islam adalah perbuatan yang boleh untuk dilakukan, hanya tidak menyalahi norma sosial dan agama dan yang terpenting adalah tidak berlebihan maka silahkan saja untuk dilakukan.

5. Selalu Berbaik Sangka
Keempat tips di atas tidak bisa dilakukan jika pikiran kita masih buruk. Seperti yang kita ketahui sumber dari segala sumber penyakit yang ada dalam diri manusia adalah dari pikirannya sendiri, yang akan merambat ke dalam tubuh lainnya.

Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kesehatan tubuh, jiwa dan pikiran agar selalu mendapatkan energi positif.
Sumber