Doa Memohon Pemimpin Amanah dan Tidak Zalim
13 Februari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Setiap negara pasti memiliki sosok pemimpin yang mengarahkan apa saja yang diperlukan Masyarakat. Seperti Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki hak pilihan akan mengikuti Pemilihan Umum 2024 untuk beberapa kategori pemilihan yakni, presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD, Provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Sebagai umat muslim tentu kita menginginkan pemimpin yang memiliki kejujuran dan keadilan untuk rakyatnya, dan tidak berbuat zalim.
Dikutip dari buku “Indahnya Doa Rasulullah Bagiku” karya Masriyah Amva, disebutkan bahwa seorang pemimpin yang adil akan mendapatkan tempat Istimewa di sisi Allah SWT. Tidak hanya itu, tetapi dia juga menjadi sosok yang dicintai oleh Allah SWT. Hal ini terjadi karena dia selalu berdiri teguh di atas kebenaran, menyebarkan Kebajikan dan menghapuskan segala bentuk kemungkaran.

Baca Juga : Agar Ibadah Lancar, Patuhi 6 Etika Otoritas Saudi Saat di Masjid Nabawi

Diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda,

إِنَّ الْمُقْسِطِينَ عِنْدَ اللَّهِ عَلَى مَنَابِرَ مِنْ نُورٍ عَنْيَمِينِ الرَّحْمَنِ عَزَّ وَجَلَّ . . .الَّذِينَ يَعْدِلُونَ فِي حُكْمِهِمْ وَأَهْلِيهِمْ وَمَا وَلُوا

Artinya:
"Sesungguhnya orang-orang yang berbuat adil, kelak di sisi Allah (mereka berada) di atas mimbar dari cahaya di sebelah kanan Allah Azza wa Jalla. . . . yaitu mereka yang berbuat adil dalam hukum, keluarga, dan apa saja yang mereka pimpin."
 
Dikutip dalam muslimafiyah, ada tiga doa yang bisa dipanjatkan atau doa dihindarkan dari pemimpin zalim yakni:
Seorang Ulama Fudhail bin 'Iyadh berkata bahwa:

"Seandainya aku memiliki doa yang mustajab, maka akan aku tujukan doa tersebut kepada pemimpin."

Ada yang bertanya pada Fudhail, "Mengapa bisa demikian?" Ia menjawab, "Jika aku tunjukkan doa tersebut pada diriku saja, maka itu hanya bermanfaat untukku. Akan tetapi kalau aku tujukkan untuk pemimpinku, maka rakyat dan negara akan menjadi baik.

Baca Juga : Rasulullah SAW Tidak Suka 3 Warna Ini, Berikut Alasannya yang Perlu Diketahui!
 
Doa mendapatkan pemimpin yang Amanah

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، اَللَّهُمَّ وَفِّقْهُمْ لِمَا فِيْهِ صَلَاحُهُمْ وَصَلَاحُ اْلإِسْلَامِ وَالْمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِنْهُمْ عَلَى الْقِيَامِ بِمَهَامِهِمْ كَمَا أَمَرْتَهُمْ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَبْعِدْ عَنْهُمْ بِطَانَةَ السُّوْءِ وَالْمُفْسِدِيْنَ وَقَرِّبْ إِلَيْهِمْ أَهْلَ الْخَيْرِ وَالنَّاصِحِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ كُلِّ مَكَانٍ

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah pemimpin kami orang yang baik. Berikanlah taufik kepada mereka untuk melaksanakan perkara terbaik bagi diri mereka, bagi Islam, dan kaum muslimin. Ya Allah, bantulah mereka untuk menunaikan tugasnya, sebagaimana yang Engkau perintahkan, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jauhkanlah mereka dari teman dekat yang jelek dan teman yang merusak. Juga dekatkanlah orang-orang yang baik dan pemberi nasihat yang baik kepada mereka, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jadikanlah pemimpin kaum muslimin sebagai orang yang baik, di mana pun mereka berada."
Sumber
cnbcindonesia