Bukan Main! Arab Saudi Siapkan Robot AI untuk Bantu Jemaah Haji Tahun Ini
21 Februari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Tidak ada habis-habisnya jika membicarakan negara yang satu ini, Arab Saudi. Negara ini menjadi negara yang ingin dikunjungi oleh seluruh umat muslim, bagaimana tidak letak tempat bersejarah Rasulullah SAW dan sahabat lainnya ada disini. Karena itu, Arab Saudi meningkatkan teknologinya untuk membuat para pengjung merasa nyaman, termasuk para Jemaah haji dan umrah.

Baca Juga : Kisah Pasir yang Dibawa Nabi Ibrahim Berubah Menjadi Makanan

Baru-baru ini Arab Saudi mengumunkan akan siapkan robot AI untuk bantu para Jemaah haji tahun 2024 ini, dikutip dari Gulf News, Rabu (21/2/24), informasi ini disampaikan oleh Kepresidenan Urusan Agama di Masjidil Haram dan Masjid Nabwi dalam keterangannya. Robot AI tersebut dirancang untuk membantu pengunjung dengan menjawab pertanyaan seputar pelaksanaan ibadah haji dan umrah dengan jelas dan tepat.

Seperti yang kita ketahui bahwa robot AI itu adalah robot canggih, selain bahasa Arab yang digunakan dalam robot ini, robot AI menawarkan juga penjelasan menggunakan sebelas bahasa internasional, di antara lainnya bahasa Inggiris, Prancis, Rusia, Persia, Turki, Melayu, Urdu, Cina, Bengali, dan Hausa.

Detail Robot AI Masjidil Haram

Robot AI ini dlengkapi dengan layar sentuh (touchscreen) yang berukuran 21 inci (kurang lebih 53 cm) yang akan memberikan berbagai macam layanan untuk para Jemaah di Masjdil Haram. Selain itu, robot AI dilengkapi dengan empat roda dan sistem penghentian pintar guna untuk memperlancar pergerakan robot.

Canggihnya Robot AI Masjdil Haram ini dilengkapi dengan kamera depan dan bawah yang mempu menangkap gambar sekitar lingkungan masjid dengan resolusi yang tinggi. Tidak hanya di kamera saja yang memiliki resolusi tinggi, tetapi pada suara robot ini. Suara yang tinggi dan jernih serta mikrofon yang siap digunakan untuk menangkap suara dengan kualitas luar biasa. Dengan sistem jaringan nirkabel (Wi-Fi) berkecepatan 5 GHz, robot AI ini memungkinkan perpindahan data yang cepat dan tinggi, sehingga layanan dapat berjalan secara efisien.

Shareing Bareng Ulama Menggunakan Robot AI

Salah satu ciri uniknya dari robot ini adalah, dapat membantu para Jemaah haji berkomunikasi langsung dengan ulama dan sheikh melalui teknologi komunikasi visual. Hal ini memungkinkan adanya klarifikasi mengenai fatwa-fatwa secara real-time dan panduan mengenai isu-isu keagamaan yang menjadi perhatian para Jemaah.

Robot ini juga menyediakan terjemahan khutbah dan Pelajaran agama yang disampaikakn dari Masjdil Haram secara bersamaan dengan berbagai macam bahasa yang tersedia.

Robot ini akan melayani para Jemaah sepanjang waktu dan menawarkan bantuan kepada Jemaah haji dan umrah untuk mencari informasi selama beribadah. Kemudahan penggunaannya juga membuat Robot AI bisa lebih mudah bisa oleh semua Jemaah tanpa memandang latar belakang budaya atau bahasa.

Baca Juga : Saudi Tegaskan Tanpa Mahram Jemaah Wanita Boleh Berhaji Sendiri
Sumber
Detikhikmah