Berikut Doa Bulan Syaban Agar Diberikan Kesehatan Sampai Bertemu Bulan Ramadhan
22 Februari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Bulan Syaban merupakan salah satu bulan Istimewa dalam kalender Hijriah karena berdekatan dengan bulan suci Ramadhan. Sebagaimana Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa bulan syaban menjelang Ramadhan sebagai amalan untuk menyambutnya.

Keistimewaan bulan Syaban ini dijelaskan Rasulullah SAW dalam haditsnya. Rasulullah SAW bersabda,

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: "Bulan Syaban--bulan antara Rajab dan Ramadhan--adalah bulan di saat manusia lalai. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan." (HR Nasa'i)

Baca Juga : Berikut Amalan Malam Nisfu Syaban, Agar Memperoleh Keutamaannya

Berikut Doa Bulan Syaban Menjelang Ramadhan

أللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

Artinya: "Ya Allah, berkahilah umur kami di bulan Rajab dan Syaban, serta sampaikanlah (umur) kami hingga bulan Ramadhan."

Bacaan doa di bulan Syaban diambil dari dalam hadist termaktub dalam Kitab Mishkat Al Masabih oleh al-Imam al-Baghawi terjemahan Yunus Ali Al-Muhdhor. Berikut haditsnya,

عَنْ أَنَسٍ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ قَالَ: «اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ» قَالَ: وَكَانَ يَقُولُ: «لَيْلَةُ الْجُمُعَةِ لَيْلَةٌ أَغَرُّ وَيَوْمُ الْجُمُعَةِ يَوْمٌ أَزْهَرُ»

Artinya: Anas mengatakan saat Rajab datang Rasulullah SAW berkata, "Ya Allah SWT berkahilan kami di Rajab dan Syaban serta bawalah kami hingga Ramadhan." Dia juga mengutip Rasulullah SAW saat mengatakan, "Kamis malam adalah saat yang sangat terang dan Jumat adalah hari yang bersinar."

Sheikh Ibnu Rajab berpendapat riwayat ini menganjurkan muslim untuk memohon panjang umur dengan niat untuk menambah kebaikan dan beramal saleh di masa mendatang.

Baca Juga : Sunnah-sunnah di Hari Jumat Sesuai Hadits

Hari-hari terakhir Sya'ban 1445 H bertepatan dengan 10-11 Maret 2024 (29-30 Sya'ban) sebagaimana dikutip dari Kalender Hijriah Indonesia 2024 susunan Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag. Hal ini dapat dijadikan acuan sebagai batas waktu untuk melunasi utang puasa Ramadhan.
Sumber
Detikhikmah