Amalan Malam Jumat Ini Sangat Disayangkan Jika Dilewatkan
22 Februari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Sebagai umat Muslim, hari jumat disebut sebagai Sayyidul Ayyam atau penghulu hari, karena banyak keutamaannya jika kita memperbanyak amalan tertentu. Amalan yang bisa dilakukan di malam atau hari Jumat adalah dengan membaca surat Al-Kahfi, surat ini dianjurkan dibaca pada kedua waktu tersebut sebagaimana hadits berikut :

"Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum'at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum'at." (HR. An Nasa'i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Shohihul Jami'.).

Baca Juga : Doa Memohon Pemimpin Amanah dan Tidak Zalim

Dikutip dari cnnindonesia.com ada anjuran mengenai amalan-amalan yang disunnahkan di malam Jumat dijelaskan Imam Syafi’I berdasarkan sebuah hadits Rasulullah SAW.

Imam Syafi'i berkata: Telah mengkhabarkan kepadaku Ibrahim bin Muhammad, ia berkata telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Abdurrahman bin Ma'mar bahwa Nabi saw bersabda: Perbanyaklah membaca salawat kepadaku pada hari Jumat'. Beliau juga berkata: Dan telah sampai kepadaku riwayat yang mengatakan bahwa barangsiapa yang membaca surat al-Kahfi maka ia dilindungi dari fitnahnya Dajjal.

Selanjutnya beliau mengatakan, bahwa saya menyukai banyak membaca salawat kepada Nabi SAW dalam setiap keadaan, sedang pada hari Jumat saya lebih menyukainya (dengan memperbanyak lagi membaca salawat), begitu juga saya suka membaca surat al-Kahfi pada malam Jumat dan siangnya karena adanya riwayat dalam hal ini.". (Muhammad Idris asy-Syafi'i, Al-Umm, Bairut-Dar al-Ma'rifah, 1393 H, juz, 1, h. 207).

Selain membaca surat Al-Kahfi apa saja amalan yang bisa dilakukan pada malam jumat? Simak berikut ini

1. Membaca Surat Yasin

Kebanyakan umat muslim membaca surat yasin pada malam Jumat, karena surat yasin memiliki banyak keistimewaan bagi umat Islam yang membacanya.
Keutamaan membaca Surat Yaasin disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud. "Barangsiapa membaca surat Yasin dan As-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya." (HR Abu Daud dari al-Habr).

2. Berdizkir dan Perbanyak Selawat

Salah satu ibadah yang sangat ringan untuk dilakukan adalah berdzikir dan selawat. Karena bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Maka dari itu berdzikir atau selawat bisa sebagai amalan sunnah di malam Jumat. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,

"Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan salawat kepada Muhammad dan keluarganya." (HR Thabrani).

Baca Juga : Berikut Doa Bulan Syaban Agar Diberikan Kesehatan Sampai Bertemu Bulan Ramadhan

3. Tahajud

Shalat tahajud merupan shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari. Shalat ini bisa menjadi amalan sunnah malam Jumat. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Quran surat Al-Isra ayat 79,

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Artinya: Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.
Sumber