Catat Tanggal ini! Hari Raya Idul Fitri 2024
27 Februari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Setelah melaksanakan puasa sebulan penuh pada bulan suci Ramadhan, datanglah hari yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim yaitu hari Raya Idul Fitri. Hari yang spesial ini merupakan momen yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan orang tersayang. Idul fitri merupakan hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal dalalm kalender Hijriah.

Baca Juga : Otoritas Arab Saudi Beri Imbauan Jemaah Umrah yang Bawa Anak

Dikutip dari djkn.kemenkeu.go.id, Idul fitri berasal dari dua kata “id” dan “al-fitri”. Id secara bahasa berasal dari kata aada – ya’uudu, yang artinya kembali. Hari raya disebut ‘id karena hari raya terjadi secara berulang-ulang, dimeriahkan setiap tahun, pada waktu yang sama.

Sedangkan kata ‘fitri’ memiliki dua makna, yaitu suci dan berbuka. Suci berarti bersih dari segala dosa, kesalahan, kejelekan, dan keburukan. Sedangkan fitri yang berarti berbuka berdasarkan pada hadits Rasulullah SAW: ”Dari Anas bin Malik: Tak sekali pun Nabi Muhammad SAW. Pergi (untuk shalat) pada hari raya Idul Fitri tanpa makan beberapa kurma sebelumnya.”

Dari penjelasan makna Idul Fitri di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa Idul Fitri berarti kembalinya seseorang kepada keadaan suci atau keterbebasan dari segala dosa, kesalahan, kejelekan, dan keburukan sehingga berada dalam kesucian atau fitrah.

Diprediksi 10 April 2024 Idul Fitri 2024

Berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia 2024 yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama (Kemenag), tanggal 1 Syawal 1445 H jatuh pada 10 April 2024. Pada hari itu, seluruh umat Muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Namun, tanggal itu masih bisa berubah tergantung hasil sidang isbat yang akan dilakukan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. Sidang isbat akan berlangsung pada 29 Ramadhan.

Baca Juga : Berikut Jadwal dan Niat Puasa Ayyamul Bidh Februari 2024

Idul Fitri adalah waktu untuk memperbaiki, memaafkan dan merenung.
Sumber