Menjelang Ramadhan Lakukan Amalan Ini Sesuai Sunnah, Berikut Doanya
28 Februari 2024

BAITULLAH.CO.ID – Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam. Banyak amalan yang dapat dilakukan untuk menyambut bulan suci ini, pahala yang didapat akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Dari berbagai Riwayat, Rasulullah SAW biasa membaca doa menjelang bulan Ramadhan. Berikut beberapa doa menjelang Ramadhan sebagaimana disebutkan dalam hadits.

أللهمَّ سَلِّمْنِي لِرَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

Artinya: "Ya Allah, selamatkanlah aku untuk bulan Ramadhan dan selamatkanlah bulan Ramadhan untukku, serta selamatkanlah Ramadhan dariku demi amal ibadah yang diterima." (HR Thabrani)

Baca Juga : Amalan Jumat Khusus Wanita Haid, Yuk Amalkan

Berikutnya, dikutip dari buku Apakah Amalan Kita Diterima Allah SWT karya Alexander Zulkarnaen, terdapat pula doa menjelang Ramadhan yang diriwayatkan dari At-Tirmdzi dan Ad-Darimi. Berikut bacaannya,

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

Artinya, "Ya Allah, mohon hadirkan awal Ramadhan untuk kami dengan penuh ketenangan dan penuh keimanan, dan dengan penuh keselamatan dan dalam keislaman, dengan taufik agar kami melakukan yang disukai dan diridhai oleh Rabbku dan Rabbmu, yaitu Allah."

Umat Islam juga bisa membaca doa agar dipertemukan dengan bulan Ramadhan. Dikutip dari buku Dakwah Kreatif karya Udji Aisyah, doa ini bisa dibaca pada bulan Rajab atau dua bulan sebelum bulan Ramadhan hingga bulan Syaban atau satu bulan sebelum bulan Ramadhan. Berikut bacaan doanya.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya: "Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Syaban dan pertemukanlah kami di bulan Ramadhan." (HR Ahmad)

Doa tersebut termuat dalam hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik R, ia berkata bahwa Rasulullah SAW jika masuk bulan Rajab, dia berkata: "Allahumma baarik lanaa fii Rajab wa Sya'ban wa ballighnaa Ramadhan." (Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Syaban dan pertemukanlah kami di bulan Ramadhan)." (HR Ahmad)

Baca Juga : Catat Tanggal ini! Hari Raya Idul Fitri 2024

Sumber
Detikhikmah