Bersentuhan Kulit Dengan Lawan Jenis? Berikut Penjelasannya!
29 Februari 2024
BAITULLAH.CO.ID – Seperti yang kita tahu, Mekkah adalah tempat ibadahnya umat muslim dari seluruh penjuru dunia, beribu-ribu bahkan berjuta-juta Jemaah berada disana untuk melaksanakan ibadah umrah dan haji. Laki-laki, Perempuan, muda, tua, bahkan anak-anak berada di tempat Istimewa itu. Lalu bagaimana jika sedang beribadah bersentuhan kulit dengan lawan jenis? Apakah batal wudhu kita?

Baca Juga : Kisah Nabi Ismail yang Hendak Disembelih oleh Nabi Ibrahim, Berubah Menjadi Seekor Kambing

Bersentuhan kulit dengan lawan jenis ketika sedang berada beribadah adalah haram, kecuali jika terdapat keperluan mendesak. Hal ini didasarkan pada beberapa dalil, antara lain:
  • Hadits dari Aisya RA, beliau berkata, “Rasulullah SAW tidak pernah menyentuh kulit Wanita yang bukan mahramnya” (HR Bukhari dan Muslim)
  • Hadits dari Ali bin Abi Thalib RA, beliau berkata, “Rasulullah SAW bersabda ‘Sesungguhnya aku tidak pernah menyentuh kulit Wanita yang bukan mahramku sejak diutus menjadi nabi’.” (HR Bukhari dan Muslim)
Namun terdapat pengecualian terhadap hukum ini yaitu :
  • Jika terpaksa, misalnya ketika berdesakan saat tawaf atau sa’i
  • Jika menolong orang yang dalam bahaya, misalnya ketika mengangkat orang yang terjatuh atau menolong orang yang tenggelam
  • Jika untuk keperluan medis, misalnya dokter memeriksa pasien Perempuan
Jika bersentuhan kulit dengan lawan jenis saat sedang melaksanakan ibadah haji dan umrah karena salah satu pengecualian di atas, maka tidak perlu merasa bersalah. Namun, jika sebaliknya maka diharuskan berwudhu kembali.

Adapun hukum mengenai bersentuhan kulit dengan lawan jenis pada saat tawaf dan Memiliki dua sisi hukum. Ulama Syafiiyyah sepkat bahwa sisi pertama orang sengaja menyentuh kulit lawan jenis, maka hukumnya batal. Sedangkan sisi yang kedua, yakni orang yang disentuh (al-malmus) terbagi dua pendapat :
  1. Pendapat yang paling sahih hukumnya tetap batal
  2. Pendapat yang lemah dari sebagian ulama, hukumnya tidak batal
Baca Juga : Jemaah Perlu Tahu, Berikut Aturan Memotret di Masjidil Haram!

Tips Menghindari Bersentuhan Kulit Denga Lawan Jenis

Berikut ini beberapa tips untuk menghindari bersentuhan kulit dengan lawan jenis ketika beribadah umrah haji

- Berhati-hati ketika berjalan dan berdesakan.

- Jika harus berdesakan, cobalah menjaga jarak dengan lawan jenis.

- Jika harus berdesakan dengan lawan jenis, cobalah melindungi bagian tubuh sensitif, misalnya dada dan aurat.

- Jika melihat ada lawan jenis yang kesulitan, cobalah menolongnya dengan cara yang tidak mengharuskan untuk bersentuhan kulit.

- Jika harus bersentuhan kulit dengan lawan jenis karena terpaksa, cobalah melakukannya dengan cara yang sopan dan tidak mengundang syahwat.

Wallahu a'lam bisshawab