Ramadhan di Tanah Suci, Berikut Tips Menjalankan Ibadah Agar Maksimal
04 Maret 2024
BAITULLAH.CO.ID – Ramadhan merupakan bulan suci umat muslim diseluruh penjuru dunia, semua orang menantikan bulan yang satu ini, karena bulan Ramadhan bulan suci yang penuh Rahmat. Tentu moment ini tidak akan dilewatkan oleh para travel agent yang menyediakan jasa umrah dan haji. Banyak umat muslim yang menjalankan ibadah umrah pada bulan puasa, karena pahalanya sama besarnya dengan ibadah haji.

Baca Juga : Sahur Penuh Berkah Dengan Doa yang Dibaca Rasulullah SAW

Meski umrah di bulan suci Ramadhan dengan menahan lapar dan dahaga, tentu menjalankannya tidak semudah yang dibayangkan. Berikut tips yang bisa dilakukan agar ibadah umrah di bulan suci bisa berjalan lancar, apa saja? Berikut tipsnya!

1. Pilih Travel dengan Jadwal yang Sesuai

Tips pertama yaitu pilihlah travel umrah yang dimana menjalankan rangakaian ibadah umrahnya dilaksanakan pada malam hari atau setelah berbuka puasa dan juga agar terhindar dari panasnya cuaca di Arab Saudi. Jadi pada siang hari kita fokus untuk mejalankan shalat 5 waktu dan beritikaf.

Atau gunakan waktu siang hari untuk beristirahat dan mengumpulkan tenaga agar dapat melaksanakan umrah dengan tenang dan kuat.

2. Atur Waktu Sahur

Aturlah waktu dengan baik dan disiplin, sehingga pada saat makan sahur kita tidak buru-buru karena mengejar waktu shalat malam atau shalat subuh di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Makan makanan yang sehat dan bergizi serta minum air mineral yang cukup agar tidak dehidrasi pada siang hari.


3. Siapkan Dana Ekstra

Di bulan Ramadan, biaya transportasi dan penginapan tentu berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya. Termasuk biasa tiket pesawat dari Tanah Air ke Saudi. Sebaiknya, siapkan dana ekstra atau dana yang lebih untuk paket umrah di bulan Ramadan.


4. Siapkan Fisik dan Mental

Karena ibadah umrah, melibatkan aktivitas fisik yang cukup berat, terlebih saat Ramadhan, persiapan fisik yang baik sebelum berangkat. anah suci yang ramai di bulan Ramadan juga bisa menguras kesabaran. Untuk itu, selain fisik juga siapkan mental agar tetap sabar, tidak mengeluh dan tidak stres. Stres bisa menurunkan sistem pimun tubuh, sehingga tubuh jadi gampang sakit.

Baca Juga : Lemas Saat Berpuasa? Lakukan Cara Ampuh Ini!

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan pada saat akan dan sedang melaksanakan ibadah umrah di bulan suci Ramadhan. Tertarik untuk umrah di bulan Ramadhan? Yuk wujudkan mimpi dengan Baitullah.co.id  
Sumber