Makkah Sudah Terbitkan Izin 1.860 Bangunan Penginapan Haji 2024
04 Maret 2024
BAITULLAH.CO.ID – Persiapan izin bangunan untuk penginapan Jemaah haji tahun ini semakin intensif. Komite untuk urusan akomodasi haji Arab Saudi kini sudah menerbitkan izin penempatan kepada 1.860 bangunan di Kota Mekkah.

Pada bangunan tersebut diperkirakan dapat menampung 1,2 juta Jemaah haji tahun ini. Dilaporkan Gulf News, Senin (4/3/2024), Wakil Emir Makkah Pangeran Saud bin Meshal baru-baru ini memperpanjang batas waktu pendaftaran perizinan untuk penggunaan akomodasi haji 2024.

Baca Juga : Kisah Nabi Ishaq As Putra Pertama Nabi Ibrahim As

Pemilik bangunan masih bisa mengajukan permohonan hingga akhir Syawal atau bertepatan dengan 8 Mei 2024. Sebelumnya, perizinan hanya dibuka hingga akhir Rajab atau jatuh pada 10 Februari 2024.

Dikabarkan, jumlah bangunan yang akan digunakan jemaah haji di Makkah diperkirakan akan mencapai 5 ribu bangunan.

Komite haji di Makkah sebelumnya juga meminta para pemilik gedung yang hendak menjadikan bangunan miliknya untuk akomodasi haji 2024 bisa menghubungi kantor akreditasi setempat agar seluruh persyaratannya dapat segera diperiksa.

Tidak hanya gedung untuk menampung jemaah, pemerintah Arab Saudi juga menyiapkan bus yang ditujukan untuk mengangkut jemaah haji. Dilaporkan Gulf Insider, sejauh ini sudah menyiapkan sebanyak 21 ribu bus dari 65 perusahaan yang disiapkan.
Sebagaimana informasi ini dibenarkan oleh Juru Bicara Walikota Makkah, Osama Zaytuni melalui stasiun TV lokal Saudi Al Ekhbariya.

“Pemerintah kota berencana untuk memberi izin pada 4 ribu bangunan yang terdiri dari hampir 500 ribu kamar yang dapat menampung sekitar 2 juta Jemaah haji,” ucapnya, dikuti dari Gulf News, Selasa (30/1/2024)

Ia juga mengatakan, pihaknya berharap ada peningkatan jumlah Jemaah haji pada tahun ini dibandingkan pada tahun sebelumnya.

Menurut pendapat Zaytuni, sejauh ini sudah ada seribu gedung yang diizinkan atau mendapat lisensi sebagai akomodasi untuk para Jemaah haji. Angka tersebut akan terus meningkat hingga akhir Rajab atau menurut kalender Islam bertepatan dengan tanggal 10 Februari 2024

Komite Urusan Perumahan Haji di Makkah sebelumnya juga meminta para pemiliki gedung yang hendak dijadikan akomodasi haji tahun ini bisa langsung menghubungi kantor akreditasi setempat agar bisa diperiksa seluruh persyaratannya.
Sumber
Detikhikmah