Shalat Tarawih dan Witir Akan Dilaksanakan di Masjidil Haram, 13 Rakaat
05 Maret 2024
BAITULLAH.CO.ID – Masjidl Haram, masjid suci umat muslim akan menggelar shalat sunnah Tarawih dan Witir 13 rakaat. Bahkan pihak masjid sudah mengeluarkan jadwal shalat dan imam yang bertugas selama bulan suci Ramadhan 2024.

“Jumlah rakaat tawarih di dua masjid suci akan terdiri dari 5 taslim yang dilanjutkan dengan salat witir. 10 rakaat (Tarawih) dan 3 rakaat (Witir).” lapor Inside the Haramain (Haramain Sharifain) dalam media sosial X-nya, Senin (4/3/2024).

Baca Juga : Kisah Nabi Ishaq As Putra Pertama Nabi Ibrahim As

Melasir dari detikHikmah, media langsung Tanah Suci juga melaporkan imam yang bertugas dalam pelaksanaan shalat Tarawih di Masjidil Haram selama bulan suci Ramadhan. Ada empat imam yang sudah dikonfirmasi untuk memimpin shalat sunnah malam tersebut. Dilansir dari lamannya.

Keempat imam yang bertugas adalah Syekh Abdur Rahman Al Sudais, Syekh Abdullah Awad Al Juhany, Syekh Maher Al Muaiqly, dan Syekh Bandar Baleelah. Imam Besar Masjidil Haram Syekh Al Sudais akan berpasangan dengan Syekh Juhany.

Tentu hal ini sudah mendapatkan persetujuan Syekh Sudais, untuk jadwal shalat Tawarih di Masjidil Haram, dan shalat Tahajud. Sebelumnya, pihaknya telah bertemu dengan para imam yang akan bertugas di Masjidil Haram selama bulan suci Ramadhan.

Arab Saudi prediksi akan memulai puasa Ramadhan pada 11 Maret 2024, sama seperti negara mayoritas Islam lainnya. Gulf News melaporkan, negara-negara dengan mayoritas Islam diprediksi akan melihat bulan sabit (hilal) Ramadhan pada malam Minggu, 10 Maret 2024.

Pemantauan hilal di Arab Saudi akan dilakukan dengan mata telanjang dan alat bantu. Selain itu, otoritas setempat juga melakukan perhitungan secara astronomis atau hisab dalam menentukan awal puasa Ramadhan 2024.

Bahkan, Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi mengimbau Masyarakat untuk ikut memantau penampakan hilal dan langsung melaporkannya kepada otoritas setempat jika melihatnya.

Baca Juga : Makkah Sudah Terbitkan Izin 1.860 Bangunan Penginapan Haji 2024

Kerajaan Arab Saudi akan melakukan pemantauan hilal bulan Ramadhan 2024 pada 10 Maret 2024 petang. "Kerajaan Arab Saudi juga mengumumkan bahwa tanggal resmi penampakan bulan Ramadan akan berlangsung pada hari Minggu, 10 Maret, hari terakhir bulan Syaban," lapor media lokal Arab Khaleej News, dikutip detikHikmah, Selasa (27/2/2024).
Sumber