Unik! Berikut Tradisi Lebaran yang ada di Indonesia
05 Maret 2024
BAITULLAH.CO.ID – Hari raya adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim yang sudah menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Terlebih anak kecil, yang diajarkan untuk puasa full maka akan diberikan hadia oleh orang tuanya, hayo apakah sahabat seperti itu?
Banyak sekali aktivitas yang sudah turun temurun dilaksanakan sebagai bentuk antusiasnya menyambut hari kemenangan.

Baca Juga : Shalat Tarawih dan Witir Akan Dilaksanakan di Masjidil Haram, 13 Rakaat

Kita sebagai orang Indonesia, pasti tidak asing lagi dengan tradisi-tradisi lebaran yang berbeda di setiap kota. Apa saja aktivitasnya? Simak berikut ini :


1. Takbiran

Salah satu tanda malam lebaran adalah Takbiran. Dimana berkumandang takbir di masjid maupun di jalan-jalan dengan berkeliling kampung, komplek, bahkan jalan raya. Ikut menyambut kemeriahan lebaran. Bahkan tidak sedikit para pemuda yang bergadang hingga tengah malam sambil berkumandang takbir.

2. Shalat Ied Idul Fitri

Setelah semalam takbiran hingga pagi, dilanjutkan dengan shalat sunnah ied idul fitri. Dilakukan dengan 2 rakaat, rakaat pertama terdapat takbir yang dilakukan sebanyak 7 kali, dan pada rakaat kedua sebanyak 5 kali. Walaupun shalat ied ini sunnah tetapi hanya dilakukan setaun sekali, semoga Allah SWT selalu memberikan kesehatan sehingga bisa melaksanakan shalat ied ditahun depan.


3. Halal Bi Halal

Halal bi halal merupakan istilah yang biasa digunakan untuk bersilaturahmi dan berkunjung dengan keluarga besar, rekan, maupun teman. Berjumpa dengan orang-orang lama, tentu ini akan mempererat tali silaturahmi, serta banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan berkunjung dari rumah ke rumah.

Baca Juga : Hukum Ziarah Kubur sebelum Puasa Ramadhan? Begini Penjelasannya

4. Kue Lebaran

Rasanya kurang komplit jika tidak ada kue lebaran yang menjadi ciri khas Hari Raya. Biasanya menjelang lebaran, banyak penjual kue lebaran di pasaran hingga di pinggir jalan mulai dari kue yang manis hingga gurih. Atau bahkan biasanya orang Indonesia ini lebih suka membuat kue lebaran sendiri seperti, nastar, putri salju, maupun jenis kue lainnya untuk dihidangkan kepada tamu yang berkunjung kerumah.


5. THR

Ciri khas Hari Raya adalah dengan THR ini, biasanya diberikan kepada anak kecil, keponakan, anak sepupu, bahkan kepada tetangga. Biasanya yang memberikan THR ini keluarga yang sudah bekerja, menikah, atau keluarga. Moment ini yang ditunggu-tunggu kalau hari raya, benerkan gais…


6. Mudik

Indonesia memiliki banyak daerah yang dikenal dengan budaya merantau. Banyak warga dari setiap kota merantau ke kota lainnya untuk mencari pengalaman disana baik itu Pekerjaan, Pendidikan, bahkan Pasangan. Bisanya jika sudah memasuki penghujung Ramadhan para perantau akan pulang kampung halamannya dan berkumpul bersama keluarga di Hari Raya.
 
Itulah beberapa tradisi umum yang biasa dilakukan oleh orang Indonesia, untuk merayakan hari raya lebaran. Kalau ditempat kalian bagaimana?
Sumber