Cara Menikmati Ramadhan, Ikuti Tips Berikut
06 Maret 2024
BAITULLAH.CO.ID – Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang Istimewa, mengapa tidak karena banyak kegiatan yang dilakukan pada bulan ini seperti berpuasa, shalat tarawih, dan sahur. Selain itu kebaikan-kebaikan yang dilakukan pada bulan ini akan diberikan pahala yang lebih, pergunakanlah waktu Ramadhan ini dengan baik agar tidak pahala yang didapat tidak sia-sia.

Baca Juga : Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Suci Ramadhan, Berikut Dalilnya

Adapun beberapa tips untuk menikmati Ramadhan yang dirangkum Baitullah sebagao berikut,

1. Perbanyak berdoa dan memohon ampun

Perbanyaklah doa dan memohon kepada Allah SWT di bulan Istimewa ini, minta diberi kesehatan, dan kemudahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sebagian orang tidak bisa merasakan nikmatnya bulan Ramadhan ini karena beberapa faktor seperti sakit. Minta ampunlah agar diberikan kesempatan bertemu dengan Ramadhan berikutnya.

2. Shalat di awal waktu

Shalat di awal waktu tidak dikerjakan pada saat bulan Ramadhan saja, setiap hari kita diharuskan mengerjakan shalat awal waktu agar hati tenang dan diberikan kemudahan dalam pekerjaan kita. bulan Ramadhan ini berbeda dengan bulan lainnya, karena banyak yang harus dilakukan menyiapkan menu berbuka dan sahur. Maka dari itu lakukanlah shalat di awal waktu.

3. Membaca Al-Quran setiap hari

Sama hal nya seperti shalat, membaca Al-Quran disarankan setiap hari, minimal sehari satu lembar. Seperti yang kita ketahui banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan rajin membaca Al-Quran. Pergunakanlah waktu puasamu dengan hal-hal yang bermanfaat. Sehingga waktu menuju berbuka tidak terasa lama.

Baca Juga : Tetap Produktif di Hari Jumat, Berikut Tipsnya!

4. Sisihkan uang untuk berbagi

Atau bahkan kita bisa melakukan beberapa amalan yang bermanfaat bagi orang lain seperti memberi uang, atau takjil untuk berbuka. Apa yang kita keluarkan maka akan diganti lebih oleh Allah SWT. Perbanyaklah berbuat kebaikan di bulan suci Ramadhan ini sebagai ladang pahala.

5. Berbuka dengan keluarga

Berbuka dengan keluarga adalah salah satu nikmat yang paling indah, karena tidak semua orang bisa merasakan betapa nikmatnya berbuka bersama orang yang disayang. Ada yang ditinggalkan oleh orang tuanya, kakek-nenek, atau bahkan merantau sehingga berbuka seorang diri atau bersama teman.

Itulah beberapa tips untuk menikmati bulan Ramadhan terkhusus untuk diri sendiri, banyak hal-hal bermanfaat yang bisa dilakukan untuk mengugurkan dosa kita di bulan suci ini dengan menggantikannya dengan prilaku terpuji.
Sumber