Tidak Khusyuk Saat Shalat? Inilah Tipsnya, Merasa Lebih Dekat Dengan Allah SWT
08 Maret 2024
BAITULLAH.CO.ID – Bagi umat muslim shalat merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dikerjakan, jika dilakukan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan mendapat dosa. Karena tingginya kedudukan ibadah shalat bagi umat muslim, maka shalat ini adalah tiangnya agama Islam.

Seperti yang diketahui betapa pentingnya shalat ini, karena kita sedang berkomunikasi dengan Sang Maha Pencipta, maka janganlah dilakukan secara asal-asalan. Dalam mengerjakan ibadah shalat, keadaan kita harus suci dan khusyuk agar ibadah kita di terima oleh Allah SWT.

Khusyuk ketika melaksanakan shalat merupakan sebuah keberuntungan bagi seorang muslim, Allah SWT berfirman yang berbunyi,
“Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, (yaitu) orang yang khusyu’ dalam salatnya.” (QS. Al-Mu’minun: 1-2).

Khusyuk dalam beribadah pun memiliki manfaat, salah satunya untuk mendapatkan ketenangan hati dan batin, serta dapat lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT.

Baca Juga : Persiapkan Diri Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Berikut Niat Puasa Ramadhan

Lalu, bagaimana jika sedang melaksanakan shalat tetapi tidak khusyuk? Lalukan tips ini

Persiapan diri sebelum shalat

Menyiapkan diri sebelum shalat tentu salah satu kunci utamanya, seperti menyempurnakan wudhu, memakai pakaian yang bersih dan wangi, baiknya berdzikir sambil menunggu waktu shalat dan tidak terburu-buru dalam mengerjakan shalat.

Tenang dalam mengerjakan shalat

Bersikap tenang hayati setiap gerakan dan bacaan shalat, karena semua bacaan shalat adalah doa. Akan terasa jauh berbeda apabila kita memahami betul apa yang dibaca, dengan begitu kita akan jatuh ke dalamnya dan senantiasa merasa tenang akan ayat-ayat Allah SWT saat kita menyebutnya. Dalam gerakan shalat pentingnya bertuma’ninah.

Anggap sebagai shalat terakhir

Jika kita mengetahui bahwa shalat ini menjadi shalat terakhir pasti kita akan lebih khusyuk dalam mengerjakannya. Melepaskan segala yag ada di dalam pikiran, dan hanya berfokus kepada Allah SWT saja, kita mengetahui bahwa banyak kesalahan yang dilakukan maka kita bermohon ampun kepada-Nya.

Karena tempat seorang hamba berkomunikasi dengan Allah adalah dengan cara mendirikan shalat. bertaubat, meminta ampunan kepada Allah atas segala perbuatan buruk yanhg telah terjadi.

Baca Juga : Cara Menikmati Ramadhan, Ikuti Tips Berikut
 
Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan akan shalat kita lebih khusyuk, semoga bermanfaat.
Sumber