Arab Saudi Minta Para Jamaah Umrah Pakai Masker, Begini Penjelasannya!
14 Maret 2024
BAITULLAH.CO.ID – Pemerintah Arab Saudi baru-baru ini meminta para Jamaah untuk memakai masker selama berada di tempat-tempat suci, seperti di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Melasir Gulf News, imbauan ini dianjurkan demi menjaga kesehatan jamaah selama ibadah umrah yang akan mecapai puncaknya selama bulan suci Ramadhan.

Baca Juga: Kisah Nabi Yusuf As, Dapat Menafsirkan Mimpi

Direktorat Keamanan Publik Arab Saudi mengatakan dalam postingan X bahwa menggunakan masker di Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah dan seluruh halamannya memberikan perlindungan dari penyakit menular bagi pemakaianya dan orang lain.

Pada bulan suci Ramadhan, jamaah yang berkunjung baik itu dalam dan luar Arab Saudi biasanya berbondong-bondong ke Masjidil Haram, tempat paling suci umat Islam, untuk melakukan umrah dan shalat. Untuk mengatasi gelombang jamaah yang diperkirakan akan terjadi, maka pihak berwenang Saudi telah mengeluarkan serangkaian cara untuk membantu jamaah melaksanakan ibadah umrah dengan lancar dan nyaman.

Pada halaman masjid dan lantai dasar diperuntukan bagi jamaah umrah selama bulan suci Ramadhan. Selain itu, pihak berwenang juga sudah mengatur gerbang masjid-masjid suci sebagai tempat keluar dan masuk, guna untuk mencegah kepadatan yang berlebihan.


Adapun parkiran khusus bus yang mengankut para jamaah, bus tidak diberikan akses untuk masuk ke area masjid. Untuk memperlancar lalu lintas dan menghindari kemacetan.

Selain menjalankan ibadah umrah, banyak jamaah yang menuju ke Madinah untuk melaksanakan Shalat di Masjid Nabawi, masjid tersuci kedua umat Islam, dan mengunjungi tempat-tempat Islam lainnya di kota tersebut.

Baca Juga: Takjil Berbuka Puasa di Masjidil Haram, Begini Panduan Saudi 

Pihak berwenang Saudi yang bertanggung jawab atas Masjid Nabawi mengatakan mereka siap melayani jamaah dalam jumlah besar pada bulan suci Ramadhan ini.

Lebih dari 8,5 juta makanan untuk berbuka puasa diperkirakan akan dibagikan kepada jamaah selama Ramadhan. Sekitar 2,5 juta botol air zam-zam juga akan dibagika di masjid selama bulan puasa, yang terkenal dengan ibadah yang intens.
Sumber
cnbcindonesia