Doa Niat Puasa Ramadhan Satu Bulan Penuh
14 Maret 2024
BAITULLAH.CO.ID – Bagi setiap kaum muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan diwajibkan untuk membaca niat puasa Ramadhan. Waktu yang tepat untuk membaca niat puasa Ramadhan adalah pada malam hari hingga sebelum waktu imsak tiba.

Adapun pandangan yang memperbolehkan baca sekali niat untuk puasa satu bulan penuh selama Ramadhan. Para ulama dari empat mahzab sepakat bahwa puasa Ramadhan wajib diawali dengan niat. Hanya saja, terdapat beberapa perbedaan mengenai waktu membaca niatnya.

Baca Juga: Kapan Waktu Membaca Niat Puasa Ramadhan? Berikut Waktu Tepat Mengucapkannya

Sebut saja menurut mazhab Syafi’I yang menyatakan bahwa wajin mengulangi niat di setiap kali puasa. Sementara menurut mazhab Maliki cukup dengan melafalkan niat puasa sebulan di malam pertama bulan Ramadhan, sehingga tidak mewajibkan mengulangi niat di hari beikutnya. Sebagaimana dijelaskan oleh Imam Qulyubi,

وَيُنْدَبُ أَنْ يَنْوِيَ أَوَّلَ لَيْلَةٍ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ أَوْ صَوْمَ رَمَضَانَ كُلَّهُ لِيَنْفَعَهُ تَقْلِيدُ الْإِمَامِ مَالِكٍ فِي يَوْمٍ نَسِيَ النِّيَّةَ فِيهِ مَثَلًا لِأَنَّهَا عِنْدَهُ تَكْفِي لِجَمِيعِ الشَّهْرِ

Artinya: Disunahkan pada malam pertama bulan Ramadhan untuk niat berpuasa sebulan penuh untuk mengambil memanfaatkan pendapat Imam Malik pada suatu hari yang lupa untuk berniat di dalamnya. Karena beliau menganggap niat tersebut mencukupi bila niat pada malam-malam berikutnya di semua malam Ramadhan. (Hasyiyah Al-Qulyubi, II/66)

Ada satu syarat untuk membaca niat puasa Ramadhan selama satu bulan penuh, yaitu tidak boleh terputus selama sebulan dengan batalnya puasa. Jika terputus dengan batal puasa, maka harus memulai lagi dengan niat yang baru, seperti pada wanita yang sudah niat tetapi terputus karena menstruasi atau haid.

Niat Puasa Ramadhan untuk Sebluan Penuh

Berikut doa niat puasa Ramadhan untuk satu bulan penuh menurut mazhab Maliki,

نَوَيْتُ صَوْمَ جَمِيْعِ شَهْرِ رَمَضَانِ هَذِهِ السَّنَةِ تَقْلِيْدًا لِلْإِمَامِ مَالِكٍ فَرْضًا لِلهِ تَعَالَى

Artinya: Aku niat berpuasa di sepanjang bulan Ramadhan tahun ini dengan mengikuti Imam Malik, fardhu karena Allah.

Baca Juga: Persiapkan Diri Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Berikut Niat Puasa Ramadhan

Pendapat Malikiyah tentang niat puasa Ramadhan telah tersebar di Indonesia, meskipun mayoritas masyarakat mengikuti mazhab Syafi'i. Pandangan ini didukung oleh ulama terkenal seperti KH Ahmad Idris Marzuq.

Dalam karyanya, Kiai Idris menjelaskan bahwa menurut mazhab Maliki, cukup dengan satu doa niat puasa sebulan penuh Ramadhan karena sudah dianggap sebagai kesatuan ibadah.

Akan tetapi, umat Islam tetap disarankan untuk membaca niat setiap harinya jika terjadi lupa niat di kemudian hari.