Saudi Rilis Portal Cek Ketersediaan Masjid Nabawi Langsung
20 Maret 2024
BAITULLAH.CO.ID – Otoritas Arab Saudi yang bertanggung jawab atas Dua Masjid Suci Masjid Nabawi mengeluarkan portal online yang menginformasikan ketersediaan area shalat di masjid suci tersebut. Tujuannya untuk menghindari Jemaah yang berkerumun pada satu tempat.

Dikutip dari Gulf News, Rabu (20/3/2024), layanan ini dapat menginformasikan Jemaah umrah mengenai ketersediaan status area shalat di Masjid Nabawi. Selain itu, Jemaah pun mengetahui kapasitas yang masih tersedia sehingga dapat menghindari kerumunan.

Baca Juga: Bagaimana Jika Puasa Tetapi Tidak Sahur? Begini Penjelasannya

Layanan ini tersedia dalam beberapa bahasa yang dapat memudahkan para Jemaah, yaitu bahasa Arab, Inggris dan Urdu. Selain itu, e-portal ini menyediakan indikator warna untuk menggambarkan status kapasitas area shalat di Masjid Suci Nabawi terutama pada jam sibuk.

Penjelasan indikator warna terdari dari empat warna yaitu, warna hijau artinya ‘tersedia’; kuning artinya ‘ramai’; merah muda artinya ‘penuh’; dan abu-abu artinya ‘tidak tersedia’. Informasi ini dapat membantu para Jemaah untuk masuk dan keluar dari Masjid dengan nyaman tanpa harus berdesak-desakan.

Menurut laporan kantor berita Saudi Press Agency (SPA), Jemaah juga bisa melihat jumlah kepadatan secara real-time untuk 12 lokasi yang telah ditentukan, termasuk perluasan area timur, barat, utara dan halaman (termasuk halaman  barat baru dan area shalat atap).

Tidak hanya itu, terdapat informasi real-time yang dapat membantu Jemaah merencanakan kunjungan dan memastikan tidak ada kerumunan pada area masjid dan halaman.

Baca Juga: Kabar Terbaru, Imam Tarawih Masjidil Haram Lakukan Sujud Sahwi

Jika ingin mengakses aplikasi dapat diakses dengan klik link berikut https://eserv.wmn.gov.sa/e-services/prayers_map/
Sumber
Detikhikmah