Doa Shalat Dhuha: Keberkahan dalam Pagi yang Cerah
27 Maret 2024
BAITULLAH.CO.ID - Doa Shalat Dhuha adalah salah satu doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca setelah melaksanakan shalat sunnah Dhuha. Shalat Dhuha sendiri merupakan salah satu ibadah sunnah yang dikerjakan di pagi hari, sekitar sepertiga atau seperempat waktu antara terbitnya matahari hingga waktu Dzuhur. Doa ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat dan karunia-Nya, serta permohonan ampunan dan keberkahan bagi umat-Nya. Berikut ini adalah doa Shalat Dhuha beserta teks Arab dan artinya,

Baca Juga: Menjelajahi Khazanah Pahala Tidur Bagi Orang yang Berpuasa

اللهُمَّ إِنَّ الصَّحَاءَ ضَحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بهاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَأَنْزَلْهُ وَإِنْ كَانَ فِي الْأَرْضِ فَأَخْرِجُهُ وَإِنْ كَانَ مُعْسِرًا (مُعَسَّرًا) فَيَسِرْهُ وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهَرْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرَبْهُ بِحَقِّ ضَحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِي مَا أَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

“Wahai Tuhanku, sungguh dhuha ini adalah dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, kuasa ini adalah kuasa-Mu, dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu.Wahai Tuhanku, jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah. Jika berada di dalam bumi maka keluarkanlah. Jika sukar atau dipersulit (kudapat), mudahkanlah. Jika (tercampur tanpa sengaja dengan yang) haram, sucikanlah. Jika jauh, dekatkanlah. Dengan hak dhuha, keelokan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada para hamba-Mu yang saleh.”
 
Pentingnya Doa Shalat Dhuha
Doa Shalat Dhuha merupakan doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca setelah melaksanakan shalat sunnah Dhuha. Shalat Dhuha sendiri memiliki banyak keutamaan di antaranya, sebagai bentuk syukur kepada Allah atas nikmat-nikmat yang diberikan-Nya kepada kita. Selain itu, doa ini juga merupakan bentuk permohonan ampunan atas dosa-dosa yang telah kita lakukan.

Waktu Terbaik untuk Membaca Doa Shalat Dhuha
Doa Shalat Dhuha bisa dibaca setelah menunaikan shalat sunnah Dhuha, yang waktu pelaksanaannya adalah di pagi hari, sekitar sepertiga atau seperempat waktu antara terbitnya matahari hingga waktu Dzuhur. Waktu ini adalah waktu yang paling dianjurkan untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT.

Manfaat Membaca Doa Shalat Dhuha
Membaca doa Shalat Dhuha memiliki banyak manfaat di antaranya adalah:
1. Menjaga Kedekatan dengan Allah: Doa Shalat Dhuha adalah salah satu bentuk ibadah yang bisa menjaga kedekatan kita dengan Allah SWT.

2. Mengingat Nikmat-Nikmat Allah: Dengan membaca doa ini, kita mengingat nikmat-nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita, sehingga meningkatkan rasa syukur dan kebersyukuran kita kepada-Nya.

3. Permohonan Ampunan: Doa ini juga merupakan permohonan ampunan atas dosa-dosa yang telah kita lakukan, sehingga bisa menjadi salah satu cara untuk membersihkan diri dari dosa-dosa.

4. Perlindungan dari Kemurkaan Allah: Dengan membaca doa ini, kita juga memohon perlindungan dari kemurkaan Allah SWT dan berharap agar selalu dalam lindungan-Nya.

Kesimpulan:
Doa Shalat Dhuha adalah salah satu doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca setelah melaksanakan shalat sunnah Dhuha. Dengan membaca doa ini, kita mengingat nikmat-nikmat Allah, memohon ampunan atas dosa-dosa, dan berharap agar selalu dalam lindungan-Nya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membaca doa ini setelah melaksanakan shalat Dhuha, sebagai bentuk syukur dan permohonan kepada Allah SWT.
Sumber