Imam Masjidil Haram Berikan Imbauan pada Jemaah Umrah 10 Hari Terakhir Ramadan
04 April 2024

BAITULLAH.CO.ID – Imam Besar Masjidil Haram Syekh Abdurrahman As Sudais mengimbau Jemaah umrah yang berada di Makkah pada sepuluh hari terakhir Ramadan. Imbauan tersebut disampaikan dalam khutbah Tarawih ke-20 usai melaksanakan shalat Isya.

Baca Juga: Kisah Kesabaran yang Tiada Tara Nabi Zulkifli berserta Mukjizat

Dilansir dari laman X otoritas dua masjid suci Kerajaan Arab Saudi, Haramain (@HaramainInfo), Kamis (4/4/2024), lelaki yang juga Kepala Presidensi Dua Masjid Suci itu menekankan keutamaan Malam Lailatul Qadar dan mengajak seluruh umat Islam untuk ikut serta meraih keberkahan dan pahala yang besar.

Syekh Sudais mengingatkan jemaah umrah tentang mengingatkan pentingnya tradisi untuk menghidupkan sepuluh malam terakhir Ramadan dengan memuliakan tempat suci di Masjidil Haram, menjaga etika dan keamanan, menghindari kerumunan, serta menaati aparat yang berwenang.

Di sisi lain, Syekh Sudais menyoroti kemuliaan hari-hari yang diberkahi ini dengan mengajak Jemaah umrah untuk memanfaatkan momen dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan amalan saleh seperti puasa, shalat malam, tilawah Al-Quran dan akhlak yang mulia.

“Hal ini telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, yang senantiasa mengerahkan seluruh usaha lebih selama sepuluh hari terakhir Ramadan,” ucapnya.

Dalam mengejar amalan baik untuk menggapai Lailatul Qadar di Masjidil Haram, Syekh Sudais mengingatkan kembali kepada Jemaah agar tidak terlalu sibuk dengan ponsel dalam mengabadikan momen. Sebaliknya, Jemaah diimbau untuk menyibukkan diri dalam beribadah.

Adapun imbauan khusus yang diberikan oleh Syekh Sudais kepada Jemaah umrah Perempuan yang berada di Masjidil Haram. Beliau meminta Jemaah tersebut selalu tetap mengikuti aturan tempat shalat, menjaga etika dan kesopanan, menghindari kerumunan laki-laki serta menasehati anak-anak untuk disiplin demi menjaga kekhusyuan tempat suci.

Baca Juga: 10 Hari Terakhir Ramadan, 1 Juta Jemaah Padati Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Lanjut, beliau mengucapkan selamat kepada umat Islam yang sampai pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan.

Sebagai penutup, Syekh Sudais turut mendoakan Jemaah umrah yang berada di Masjidil Haram agar puasa dan shalat malam yang dikerjakan diterima oleh Allah SWT hingga dijauhkan dari siksa api neraka.

Sumber
Detikhikmah