Mukjizat Nabi Sulaiman, Kisah Pengendalian Angin
24 April 2024
BAITULLAH.CO.ID – Nabi Sulaiman As adalah salah satu nabi terkenal dalam Islam, dikenal karena hikmahnya, kebijaksanaannya, dan mukjizat yang diberikan Allah kepadanya. Salah satu mukjizat yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk mengendalikan angin.

Baca Juga: Cara Meminta Keturunan yang Soleh dan Soleha: Menggapai Kebahagiaan Keluarga Menurut Ajaran Al-Quran
 

Mukjizat Mengendalikan Angin

Salah satu cerita yang paling terkenal adalah ketika Nabi Sulaiman mengendalikan angin untuk mempermudah perjalanan armada kapalnya. Dalam Al-Quran, Surah Al-Anbiya (21:81) menyebutkan:

وَلِسُلَيْمٰنَ الرِّيْحَ عَاصِفَةً تَجْرِيْ بِاَمْرِهٖٓ اِلَى الْاَرْضِ الَّتِيْ بٰرَكْنَا فِيْهَاۗ وَكُنَّا بِكُلِّ شَيْءٍ عٰلِمِيْنَ وَمِنَ الشَّيٰطِيْنِ مَنْ يَّغُوْصُوْنَ لَهٗ وَيَعْمَلُوْنَ عَمَلًا دُوْنَ ذٰلِكَۚ وَكُنَّا لَهُمْ حٰفِظِيْنَ ۙ

"Dan (Kami tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya yang berhembus dengan perintahnya ke negeri yang Kami beri berkah padanya. Dan Kami Maha Mengetahui segala sesuatu. Dan (Kami tundukkan pula kepada Sulaiman) segolongan setan-setan yang menyelam (ke dalam laut) untuknya dan mereka mengerjakan pekerjaan selain itu; dan Kami yang memelihara mereka itu." (QS. Al Anbiya ayat 81-82)
 
Begitu pun dalam Alquran Surat Shad ayat 36, sebagai berikut:

فَسَخَّرْنَا لَهُ الرِّيْحَ تَجْرِيْ بِاَمْرِهٖ رُخَاۤءً حَيْثُ اَصَابَۙ

"Kemudian Kami tundukkan kepadanya angin yang berhembus dengan baik menurut perintahnya ke mana saja yang dikehendakinya." (QS. Shad ayat 36)

Dalam kisah ini, Nabi Sulaiman menggunakan angin sebagai sarana transportasi untuk mengangkut dirinya dan pasukan yang besar serta barang-barang keperluannya. Dengan izin Allah, Nabi Sulaiman dapat mengarahkan angin untuk menggerakkan kapalnya ke arah yang diinginkan, sehingga memungkinkan perjalanan yang cepat dan efisien.

Baca Juga: Bisa Berbicara Dengan Hewan, Beginilah Mukjizat Nabi Sulaiman As
 
Kisah tentang Nabi Sulaiman mengendalikan angin mengajarkan kita tentang kekuasaan Allah yang tak terbatas dan kemampuan-Nya untuk memberikan mukjizat kepada para nabi-Nya. Selain itu, mukjizat ini juga mengingatkan kita akan pentingnya memanfaatkan sumber daya alam dengan bijak dan bertanggung jawab.

Mukjizat Nabi Sulaiman dalam mengendalikan angin menjadi inspirasi bagi umat Islam untuk tetap percaya dan mengandalkan Allah dalam segala situasi, serta untuk menggunakan kebijaksanaan dan pengetahuan yang diberikan-Nya untuk kebaikan umat manusia dan alam semesta ini.
Sumber