Kisah Nabi Sulaiman As Dengan Bala Tentara Semua Makhluk
25 April 2024
BAITULLAH.CO.ID – Mukjizat Nabi Sulaiman selanjutnya yaitu dengan mengumpulkan seluruh pasukan untuk datang dan berkumpul di aula kerajaan. Bala tentara yang datang berhimpun ini dari semua jenis kalangan yakni manusia, kalangan jin, hingga dari kalangan hewan yaitu burung hud-hud.

Baca Juga: Cara Meminta Keturunan yang Soleh dan Soleha: Menggapai Kebahagiaan Keluarga Menurut Ajaran Al-Quran

Mukjizat ini termuat di dalam surat An Naml 17 dan Al-Anbiya 82 yang berbunyi,

وَحُشِرَ لِسُلَيْمَٰنَ جُنُودُهُۥ مِنَ ٱلْجِنِّ وَٱلْإِنسِ وَٱلطَّيْرِ فَهُمْ يُوزَعُونَ
Artinya: Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib (dalam barisan).

وَمِنَ ٱلشَّيَٰطِينِ مَن يَغُوصُونَ لَهُۥ وَيَعْمَلُونَ عَمَلًا دُونَ ذَٰلِكَ ۖ وَكُنَّا لَهُمْ حَٰفِظِينَ
Artinya: "Dan Kami telah tundukkan (pula kepada Sulaiman) segolongan syaitan-syaitan yang menyelam (ke dalam laut) untuknya dan mengerjakan pekerjaan selain daripada itu, dan adalah Kami memelihara mereka itu"

Dikutip dari buku berburu warisan Nabi Yusuf dan Nabi Sulaiman, Nabi Sulaiman AS mampu menundukkan jin untuk bekerja membantu Nabi Sulaiman dalam membangun gedung. Mereka juga membuat bejana berukuran besar sebagai tempat menampung makanan tentara dan para pekerja, hingga membuat tempat minum yang seukuran kolam.

Mukjizat ini termuat dalam surat Saba ' ayat 13 yang berbunyi,

يَعْمَلُونَ لَهُۥ مَا يَشَآءُ مِن مَّحَٰرِيبَ وَتَمَٰثِيلَ وَجِفَانٍ كَٱلْجَوَابِ وَقُدُورٍ رَّاسِيَٰتٍ ۚ ٱعْمَلُوٓا۟ ءَالَ دَاوُۥدَ شُكْرًا ۚ وَقَلِيلٌ مِّنْ عِبَادِىَ ٱلشَّكُورُ
Artinya: Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang berterima kasih.

Baca Juga: Mukjizat Nabi Sulaiman, Kisah Pengendalian Angin

Pasukan itu berkumpul untuk berperang dengan Ratu Bilqis, salah seorang ratu yang sombong di negeri Saba. Nabi Sulaiman AS memerintahkan Jin Ifrit untuk memindahkan singgasana Ratu Bilqis secepatnya.
Sumber