Perintah Qurban yang Disebut oleh Al-Quran
03 Mei 2024

BAITULLAH.CO.ID – Berkurban pada Hari Raya Idul Adha adalah salah satu perintah yang diamanahkan dalam Islam, sesuai dengan ajaran Al-Qur'an. Makna berkurban, seperti yang dijelaskan dalam Fiqih oleh Udin Wahyudin dan rekan-rekan, adalah sebuah tindakan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui penyembelihan hewan ternak dengan niat ibadah.

Praktik berkurban bukanlah hal baru dalam sejarah Islam, melainkan telah dilakukan sejak zaman Nabi Adam AS hingga zaman Nabi Muhammad SAW. Meskipun demikian, terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang hukum berkurban. Menurut beberapa ulama, seperti Imam Malik dan Imam Syafi'i, berkurban adalah sunnah muakkad, sementara menurut Imam Abu Hanifah, berkurban diwajibkan bagi orang kaya yang tidak sedang bepergian dan dalam posisi bermukim.

Baca Juga: Keutamaan Sedekah dalam Islam

Dalil tentang Perintah Berkurban

Perintah berkurban terdapat dalam beberapa ayat Al-Qur'an. Berikut di antaranya.

1. Surah Al-Kautsar Ayat 1-2

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ ١ فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ ٢

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah memberimu (Nabi Muhammad) nikmat yang banyak. Maka, laksanakanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah!"

 

2. Surah Al-Ma'idah Ayat 27

۞ وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَاَ ابْنَيْ اٰدَمَ بِالْحَقِّۘ اِذْ قَرَّبَا قُرْبَانًا فَتُقُبِّلَ مِنْ اَحَدِهِمَا وَلَمْ يُتَقَبَّلْ مِنَ الْاٰخَرِۗ قَالَ لَاَقْتُلَنَّكَ ۗ قَالَ اِنَّمَا يَتَقَبَّلُ اللّٰهُ مِنَ الْمُتَّقِيْنَ ٢٧

Artinya: "Bacakanlah (Nabi Muhammad) kepada mereka berita tentang dua putra Adam dengan sebenarnya. Ketika keduanya mempersembahkan kurban, kemudian diterima dari salah satunya (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Dia (Qabil) berkata, "Sungguh, aku pasti akan membunuhmu." Dia (Habil) berkata, "Sesungguhnya Allah hanya menerima (amal) dari orang-orang yang bertakwa."

3. Surah As-Saffat Ayat 102

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يٰبُنَيَّ اِنِّيْٓ اَرٰى فِى الْمَنَامِ اَنِّيْٓ اَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرٰىۗ قَالَ يٰٓاَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُۖ سَتَجِدُنِيْٓ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيْنَ ١٠٢

Artinya: "Ketika anak itu sampai pada (umur) ia sanggup bekerja bersamanya, ia (Ibrahim) berkata, "Wahai anakku, sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Pikirkanlah apa pendapatmu?" Dia (Ismail) menjawab, "Wahai ayahku, lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu! Insyaallah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang sabar."

 

4. Surah Al-Hajj Ayat 34

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۗ فَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗٓ اَسْلِمُوْاۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَ ۙ ٣٤

Artinya: "Bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban) agar mereka menyebut nama Allah atas binatang ternak yang dianugerahkan-Nya kepada mereka. Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa. Maka, berserah dirilah kepada-Nya. Sampaikanlah (Nabi Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang rendah hati lagi taat (kepada Allah)."

 

5. Surah Al-Hajj Ayat 35

الَّذِيْنَ اِذَا ذُكِرَ اللّٰهُ وَجِلَتْ قُلُوْبُهُمْ وَالصّٰبِرِيْنَ عَلٰى مَآ اَصَابَهُمْ وَالْمُقِيْمِى الصَّلٰوةِۙ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ ٣٥

Artinya: "(Yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah, hati mereka bergetar, sabar atas apa yang menimpa mereka, melaksanakan salat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka."

Baca Juga: Doa untuk Dimampukan Berangkat ke Tanah Suci

Dengan demikian, berkurban bukan hanya sekadar tradisi, tetapi juga merupakan bagian penting dari praktik keagamaan dalam Islam. Hal ini menunjukkan pentingnya untuk menjaga hubungan yang erat dengan Allah SWT dan menyebarkan kebaikan kepada sesama melalui tindakan ibadah yang tulus dan dijalankan dengan penuh kesadaran.

Sumber
Detik.com