Mengirimkan Doa Perlindungan untuk Para Calon Jamaah Haji
15 Mei 2024
BAITULLAH.CO.ID – Sebelum berangkat menunaikan ibadah haji, mengucapkan doa perlindungan adalah sebuah kebiasaan yang menguatkan hati bagi kerabat yang berangkat. Doa tersebut tidak hanya menyelamatkan mereka dari segala bahaya, tetapi juga memohon kemudahan dalam menjalankan kewajiban suci ini.

Baca Juga: Doa Menghilangkan Jerawat dalam Islam, Penyembuhan dengan Kata-Kata dan Iman

Menurut buku Ensiklopedia Fikih Indonesia: Haji & Umrah karya Ahmad Sarwat, makna haji secara bahasa mencakup upaya yang disengaja untuk melakukan hal-hal yang mulia dan mengunjungi tempat-tempat suci. Secara istilah, haji berarti mengunjungi Ka'bah untuk melaksanakan serangkaian amalan ibadah yang dijadwalkan dan bermaksud suci.

Berdasarkan Fikih Empat Madzhab Jilid 2 oleh Syaikh Abdurrahman Al-Juzairi, haji adalah kewajiban bagi setiap muslim yang mampu. Ini ditegaskan dalam surah Ali 'Imran ayat 97 yang mengisyaratkan bahwa haji adalah kewajiban bagi mereka yang memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan ke Baitullah.

Ini juga diperkuat oleh hadits Nabi yang menyatakan bahwa Islam didasarkan pada lima pilar, di antaranya adalah haji, yang harus dilaksanakan oleh umat Islam yang mampu.
 

Doa Perlindungan untuk Jamaah Haji

Salah satu doa yang dapat dibaca untuk para calon jamaah haji adalah yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi dari Anas RA. Doa ini mengandung permohonan agar Allah memberikan perlindungan, pengampunan, dan kemudahan dalam segala kebaikan, di mana pun mereka berada.

زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُ مَا كُنْتَ

Artinya: "Semoga Allah memberikanmu bekal takwa, mengampuni dosa-dosamu, dan memudahkanmu untuk melakukan kebaikan di mana pun kamu berada." (HR Tirmidzi)

Doa ini pernah dibaca oleh Rasulullah SAW ketika seseorang menyatakan akan melakukan perjalanan jauh. Dalam hadits tersebut, Rasulullah SAW secara bertahap menyampaikan permohonan agar Allah memberikan perlindungan, pengampunan, dan kemudahan bagi sahabat yang akan berpergian.
 
Selain doa ini, ada pula doa yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah:

أسْتَوْدِعُكَ اللهَ الَّذِي لا تَضِيعُ ودائِعُهُ

Artinya, "Aku menitipkanmu kepada Allah SWT yang tidak pernah mengkhianati amanah-Nya." (HR Ahmad)

Baca Juga: Manangis Tersedu-sedu Saat Salat, Apakah Bikin Batal?

Dengan mengucapkan doa-do tersebut, kita berharap agar para calon jamaah haji mendapatkan perlindungan dan kemudahan dalam menjalankan ibadah suci mereka di Tanah Suci.
Sumber
Detik.com