Raja Salman Menegaskan Pelayanan dan Kenyamanan Jemaah Haji Sebagai Fokus Utama
16 Mei 2024
BAITULLAH.CO.ID – Kedatangan Jemaah Haji 2024 ke Madinah Telah Dimulai. Para jemaah haji dari seluruh penjuru dunia telah mulai tiba di Madinah sejak minggu lalu. Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud telah menegaskan bahwa pelayanan dan kenyamanan para jemaah menjadi fokus utama pemerintah.

Baca Juga: Kisah Nabi Isa As dan Mukjizat Menghidupkan Orang Mati

Dalam Sidang Kabinet mingguan di Jeddah pada Selasa (14/5/2024), Raja Salman menekankan pentingnya keterlibatan langsung pihak berwenang dalam menyelenggarakan ibadah haji dan memberikan yang terbaik kepada para jemaah. Penjaga Dua Masjid Suci menegaskan komitmennya untuk menyambut jemaah dari seluruh dunia, menjaga Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, serta memastikan kenyamanan para pengunjung sebagai prioritas utama.

Prioritas dalam pelayanan dan kenyamanan jemaah haji ditegaskan di semua titik masuk Kerajaan, termasuk Makkah, Madinah, serta situs-situs suci di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

Rombongan jemaah haji Indonesia telah tiba secara bertahap di Arab Saudi. Mereka memulai perjalanan dari Madinah dan akan tinggal di kota nabi sebelum melanjutkan ke Makkah pada tanggal 21 Mei 2024.

Pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Tanah Suci dibagi menjadi dua gelombang, dimulai dari tanggal 12 hingga 23 Mei 2024 untuk gelombang pertama, dan dimulai dari tanggal 24 Mei 2024 untuk gelombang kedua.

Berdasarkan laporan PPIH Arab Saudi, hingga tanggal 13 Mei 2024, sebanyak 12.072 jemaah haji telah tiba di Tanah Suci dalam 30 kelompok terbang. Sedangkan sejak tanggal 14 Mei 2024, sudah ada 19 kelompok terbang dengan jumlah 7.064 jemaah yang diterbangkan ke Madinah.

Baca Juga: Dengan Tasreh, Jemaah Haji Bisa Masuk Raudhah

Selama di Madinah, jemaah haji melakukan berbagai ibadah di Masjid Nabawi, termasuk salat fardhu dan sunnah. Mereka juga berdoa di Raudah, tempat yang diyakini sebagai tempat di mana doa-doa dikabulkan.

Selain itu, jemaah haji juga berkesempatan untuk melakukan ziarah ke makam Rasulullah SAW, Abu Bakar Ash-Shiddiq, dan Umar bin Khattab, serta mengunjungi berbagai tempat bersejarah di Madinah.
Sumber
Detik.com