Doa-Doa yang Dapat Diamalkan Saat Ibadah Haji
30 Mei 2024
BAITULLAH.COID – Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim yang mampu, baik secara fisik maupun finansial, setidaknya sekali seumur hidup. Dalam pelaksanaannya, terdapat banyak momen di mana para jamaah dianjurkan untuk berdoa. Doa-doa ini bukan hanya memperkaya spiritualitas ibadah, tetapi juga menguatkan hubungan dengan Allah SWT. Berikut ini beberapa doa yang dapat diamalkan saat menunaikan ibadah haji:

Baca Juga: Niat dan Keutamaan Puasa Arafah 2024
 

1. Doa saat Masuk ke kota Makkah

Jemaah haji dianjurkan membaca doa ini ketika memasuki Makkah tepat sebelum gerbang Makkah. Berikut bacaannya.

اللهُمَّ هَذَا حَرَمُكَ وَأَمْنُكَ فَحَرِّمُ لَحْمِيْ وَدَمِيْ وَشَعْرِيْ وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ وَامِنّي مِنْ عَذَابِكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ وَاجْعَلْنِي مِنْ أَوْلِيَائِكَ وَأَهْلِ طَاعَتِكَ.
Allaahumma haadza haramuka wa amnuka faharrim lahmi wa damii wa basyarii 'alan-nar, wa aminnii min 'adzabika yauma tab'atsu 'ibaadaka waj'alnii min auliyaa'ika wa ahli thaa'atik.

Artinya: "Ya Allah kota ini adalah tanah Haram-Mu dan tempat yang aman, maka hindarkanlah daging, darah, rambut, bulu dan kulitku dari Neraka. Amankanlah aku dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan aku ke dalam golongan aulia-Mu dan ahli taat pada-Mu."
 

2. Doa Masuk ke Masjidil Haram di Makkah

Ketika memasuki Masjidil Haram, jemaah haji dan umrah dapat membaca doa berikut. Menurut hadits shahih yang diriwayatkan Al-Azraqi, Umar bin Khattab RA membaca doa berikut:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَالسَّلَامَ تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْجَلَالِ وَاْلإِكْرَامِ. اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَمَغْفِرَتِكَ وَأَدْخِلْنِيْ فِيْهَا. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى رَسُوْلِ اللهِ
Allahumma antassalaam, waminkassalaam fahayyinaa rabbanaa bissalaam wa adkhilnal jannata daarassalaam tabaarakta wata'aalaita yaa dzaljalaali wal ikraam. Allahummaftah lii abwaaba rahmatika wamaghfiratika wa adkhilnii fiihaa. Bismillahi walhamdulillahi wasshalaatu wassalaamu 'alaa rasuulillaah.

Artinya: "Ya Allah, Engkau sumber keselamatan dan dari-Mulah datangnya keselamatan. Hidupkanlah kami wahai Tuhan kami dengan keselamatan, dan tempatkanlah kami pada surga, negeri keselamatan. Maha banyak anugerah-Mu dan Maha Tinggi Engkau wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kehormatan. Ya Allah ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu. (Aku masuk masjid ini) dengan Nama Allah disertai segala puji bagi Allah, serta sholawat dan selamat untuk Rasulullah SAW."


3. Doa Melihat Ka'bah

Ketika melihat Ka'bah, Rasulullah SAW berdoa sambil mengangkat kedua tangan. Berikut bacaan doanya:

للَّهُمَّ زِدْ هَذَا الْبَيْتَ تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيمًا وَتَكْرِيمًا وَمَهَابَةً وَزِدْ مَنْ شَرَفَهُ وَكَرَّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ أَوِ اعْتَمَرَهُ تَشْرِيفًا وَتَعْظِيمًا وَتَكْرِيمًا وَبِرا
Allahumma zid haadzaal baita tasyriifaa wa ta'dhiimaa wa takriimaa wa mahaabah wa zid man syarafahu wa karramah mimman hajjahu awi'tamarah tasyriifaa wa ta'dhiimaa wa takriimaa wa birra.

Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan wibawa pada Bait (Ka'bah) ini. Dan tambahkan pula pada orang-orang yang memuliakan, mengagungkan, dan menghormatinya di antara mereka yang berhaji atau yang berumrah dengan kemuliaan, keagungan, kehormatan, dan kebaikan."
 

4. Doa Melintasi Maqam Ibrahim

Doa ketika melintasi Maqam Ibrahim termaktub dalam surah Al Isra ayat 80-81, kemudian diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Rasulullah SAW membaca doa ini ketika memasuki Kota Makkah pada peristiwa pembebasan kota Makkah. Berikut bacaan doanya:

رَبِّ أَدْخِلْنِي مَدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِي مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِي مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيرًا. وَقل جَاءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوقًا
Rabbi adkhilniy mudkhola shidqin wa akhrijniy mukhroja shidqin waj'al liyb miladunka sultonan nasiro. Wa qul jaa al haqo wazahaqol bathilu innal bathila kaana zahuqo.

Artinya: "Ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar, dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolongku. Dan katakanlah, "kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap." Sungguh yang batil itu pasti lenyap."
 

5. Doa Meninggalkan Makkah

Ketika jemaah haji atau umrah hendak meninggalkan kota Makkah untuk terakhir kalinya, dianjurkan melakukan tawaf wada' (tawaf perpisahan). Ketika tawaf wada' dianjurkan berdoa setiap putaran dengan doa meninggalkan kota Makkah dengan bacaan berikut.

بسم الله اللهُ أَكْبَرُ، سُبْحَانَ اللهِ ، والحَمْدُ لِلَّهِ، وَلَا إِلَهَ إِلا اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ، وَلَا حَوْلَ وَلا قوَّةَ إِلا بِاللهِ العَلِي العَظِيمِ. وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ . اللَّهُمَّ إِيْمَانَا بِكَ وَتَصْدِيقاً بِكِتَابِكَ، وَوَفَاءً بِعَهْدِكَ وَاتَّبَاعاً لِسُنَّةِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ . {إِنَّ الَّذِي فَرَضَ عَلَيْكَ الْقُرْآنَ لَرَادُّكَ إِلَى مَعَادٍ} يَا مُعِيْدُ أَعِدْنِي، يَا سَمِيْعُ أَسْمِعْنِي، يَا جَبَّارُ اجْبُرْنِي يَا سَتَارُ اسْتَرْنِي، يَا رَحْمَنُ ارْحَمْنِي، يَا رَدَّادُ ارْدُدْنِي إِلَى بَيْتِكَ هَذَا، وَارْزُقْنِيَ العَوْدَةَ ثُمَّ الْعَوْدَ كَرَّاتٍ بَعْدَ مَرَّاتٍ، تَائِبُونَ عَابِدُونَ سَائِحُوْنَ لِرَبَّنَا حَامِدُونَ صَدَقَ اللَّهُ وَعْدَهُ، وَنَصَرَ عَبْدَهُ، وَهَزَمَ الأَحْزَابَ وَحْدَهُ . اللَّهُمَّ احْفَظْني عَنْ عَيْنِي وَعَنْ يَسَارِيْ، وَمِنْ قُدَّامِيْ وَمِنْ وَرَاءِ ظَهْرِي، وَمِنْ فَوْقِي وَمِنْ تَحْتِي حَتَّى تَوَصَلَنِي إِلَى أَهْلِي وَبَلَدِي . اللَّهُمَّ هَوَنْ عَلَيْنَا السَّفَرَ وَأَطْوِ لَنَا بَعْدَ الْأَرْضِ اللَّهُمَّ اصْحَبْنَا فِي سَفَرِنَا وَاخْلُفْنَا فِي أَهْلِنَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ، وَ يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ
Bismillaahi allaahu akbar, subhaanallaah wal-hamdulillaah, wa laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil-'aliyyil-'azhiim. Wash-shalaatu was- salaamu 'alaa Rasuulillaahi shallallaahu 'alaihi wa sallam. Allaahumma iimaanan bika wa tashdiiqan bikitaabika wa wafaa'an bi 'ahdika wattibaa'an li sunnati nabiyyika muhammadin shallallaahu 'alaihi wa sallam. Innalladzii faradha'alaikal-qur'aana laraadduka ilaa ma'aad. Yaa Mu'iidu a'idnii, yaa samii'u asmi'nii yaa jabbaru ujburnii, yaa sattaaru usturnii, yaa rahmaanu irhamnii, yaa raddaadu urdudnii ilaa baitika haadzaa, warzuqniyal-'audata tsummal-'auda karraatin ba'da marraatin. Taa'ibuuna 'aabiduuna saa'ihuuna li rabbinaa haamiduun. Shadaqallaahu wa'dahu, wa nashara 'abdahu wa hazamal-ahzaaba wahdahu. Allaahuumahfazhnii 'an yamiinii wa 'an yasaarii wa min quddaamii wa min waraa'i zhahrii wa min fauqii wa min tahtii hatta tuwashshilanii ilaa ahlii wa baladii. Allaahumma hawwin 'alainas-safara wa athwi lanaa bu'dal-ardhi. Allaahumma ashbahnaa fii safarinaa wakhlufnaa fii ahlinaa yaa arhamar-raahimiin. Wa yaa rabbal-'aalamiin.
 
Artinya: "Dengan nama Allah, Allah Maha Besar, Maha Suci Allah dan segala puji hanya kepada Allah tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Besar, tidak daya (untuk memperoleh manfaat) dan tiada kekuatan (untuk menolak kesulitan) kecuali dengan pertolongan dari Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar. Shalawat dan salam bagi junjungan Rasulullah. Ya Allah, aku datang kemari karena iman kepada-Mu, membenarkan kitab-Mu, memenuhi janji-Mu dan karena menuruti sunnah Nabi-Mu Muhammad. Sesungguhnya Tuhan yang menurunkan al-Qur'an kepadamu niscaya memulangkanmu ke tempat kembali, wahai Tuhan yang Kuasa mengembalikan, kembalikan aku ke tempatku, wahai Tuhan yang Maha Mendengar, dengarlah (kabulkanlah) permohonanku wahai Tuhan Yang Maha Memperbaiki, perbaikilah aku, wahai Tuhan Yang Maha Pelindung tutupilah aibku, wahai Tuhan Yang Maha Kasih Sayang, sayangilah aku, wahai Tuhan Yang Maha Kuasa Mengembalikan, kembalikanlah aku ke Ka'bah ini dan berilah aku rizqi untuk mengulanginya berkali-kali, dalam keadaan bertaubat dan beribadat, berlayar menuju Tuhan kami sambil memuji, Allah Maha menepati janji-Nya membantu hamba-hamba-Nya, yang menghancurkan sendiri musuh-musuh-Nya. Ya Allah, peliharalah aku dari kanan, kiri, depan dan belakang, dari sebelah atas dan bawah sampai Engkau mengembalikan aku kepada keluarga dan tanah airku. Ya Allah, mudahkanlah perjalanan kami, lipatkan bumi untuk kami. Ya Allah sertailah kami dalam perjalanan, dan gantilah kedudukan kami dalam keluarga yang ditinggal, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih melebihi segala pengasih, wahai Tuhan Yang Memelihara seluruh alam."
Dengan mengamalkan doa-doa di atas, diharapkan ibadah haji menjadi lebih khusyuk dan mendalam, membawa jamaah lebih dekat dengan Allah SWT. Semoga seluruh jamaah haji mendapatkan haji yang mabrur.
Sumber
Detik.com