Persiapan yang Harus Diketahui oleh Calon Jemaah Umroh!
29 September 2023

Baitullah.co.id - Persiapan umroh merupakan hal yang sangat penting bagi para calon jamaah dalam pelaksanaan ibadah di Baitullah , apalagi jika umroh ini untuk yang pertama kalinya.  Umroh merupakan kegiatan ibadah yang menuntut persiapan fisik, mental dan hingga keuangan yang tentunya sudah diperhitungkan sejak awal. Meskipun tergolong sunnah, ibadah umroh memiliki banyak keutamaan bagi siapapun yang mampu menjalaninya.

Beberapa keutamaan ibadah umroh adalah menghapus dosa, doa yang dipanjatkan akan terkabul, diberikan kemudahan disetiap urusannya, diberikan ketenangan lahir dan batin dan tentunya meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Maka dari itu para calon jamaah umroh harus mempersiapakannya secara matang, agar ibadahnya berjalan dengan lancar.

 

3 Persiapan Umroh yang Harus Diketahui oleh Calon Jamaah Umroh!

1. Persiapan Dokumen Administrasi

Paspor

Persiapan paling utama adalah Dokumen Adminstrasi seperti, Kartu Identitas, Paspor dan Visa Umroh. Visa Umroh biasanya akan diberikan oleh pihak travel yang bersangkutan dengan Kedutaan Arab Saudi. Visa Umroh berfungsi sebagai izin untuk mengunjungi Negara Arab Saudi dan melaksanakan ibadah umroh.

Selain paspor dan visa umroh, berikut deretan dokumen penting untuk persiapan umroh yang harus dibawa sebelum berangkat:

  • Paspor asli dan fotokopi
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Surat rekomendasi dari agen travel yang dipilih sebagai bukti bahwa Sahabat memang jamaah umroh
  • Buku nikah (bagi yang sudah menikah)
  • Akta lahir asli untuk jamaah yang berusia di bawah 17 tahun
  • Surat keterangan mahram bagi perempuan berusia di bawah 40 tahun yang harus ditemani mahram
  • Tiket pesawat pulang pergi

 

2. Mencari Tahu Aturan Arab Saudi

Aturan Negara Arab Saudi

Arab Saudi sebagai negara yang memiliki Kota Suci Mekkah tentunya memiliki beberapa peraturan yang memegang teguh nilai-nilai agama islam seperti, bagaimana cara berpakaian atau dalam pekerjaan. Oleh karena itu, untuk para calon jamaah umroh harus mematuhi peraturan yang dibuat oleh Negara Arab Saudi demi kelamcaran ibadah umroh disana.


Baca Juga : Adab Haji dan Umroh

3. Menentukan Agent Trevel yang Terpercaya

Travel Umroh Baitullah

Memilih agent travel terpercaya menjadi salah satu bentuk persiapan yang harus diperhatikan. Calon Jamaah bisa melakukan cek agent travel melalui Media Sosial, Website resmi atau bahkan testimoni dari para pengguna yang sudah melakukan perjalan menggunakan travel tersebut, tentunya akan memudahkan Calon Jamaah untuk pergi ibadah umroh.

Itulah beberapa persiapan umroh yang perlu diperhatikan oleh Calon Jamaah Umroh yang hendak berangkat ke Baitullah untuk menunaikan ibadah umroh. Baitullah sudah berkerja sama dengan lebih dari 13 Travel Umrah yang Mudah, Aman dan Terpercaya. Hal ini tentu memudahkan para Calon Jamaah untuk melakukan perjalan dengan tenang pastinya dengan travel yang terpecaya.