Arab Saudi Siapkan 'Jalan Es' di Arafah untuk Jemaah Haji
06 Juni 2024
BAITULLAH.CO.ID – Arab Saudi terus berinovasi untuk meningkatkan pengalaman jemaah haji. Salah satu inovasi terbaru mereka adalah penggunaan 'jalan es' di sekitar Masjid Namirah, Arafah, menjelang puncak haji 2024.

Baca Juga: Kisah Mukjizat Nabi Muhammad SAW Menurunkan Hujan

Proyek 'jalan es' ini melibatkan pelapisan aspal dengan bahan pendingin untuk menurunkan suhu jalan, mencakup area seluas 25.000 meter persegi. Tujuannya jelas, agar para jemaah haji lebih nyaman menjalankan ibadah mereka, terutama saat menunaikan salat Zuhur dan Asar di Masjid Namirah dan sekitarnya.

Inovasi ini merupakan kolaborasi antara Otoritas Umum Jalan Raya Arab Saudi dengan berbagai entitas terkait, seperti Kementerian Urusan Kota, Pedesaan dan Perumahan, serta Kementerian Haji dan Umrah. Arab Saudi yang sering dilanda musim panas yang ekstrem, dengan suhu jalan mencapai hingga 70 derajat Celsius, menghadapi tantangan besar. Namun, mereka berhasil mengatasi ini dengan menggunakan teknologi aspal pendingin yang mampu menyerap dan memantulkan radiasi matahari, serta melepaskan panas yang diserap pada siang hari pada malam hari.

Baca Juga: Penyediaan Air Zamzam dan Fasilitas Unggulan di Masjid Nabawi, Meningkatkan Kenyamanan Peziarah

Inovasi ini telah terbukti sukses di tempat-tempat suci lainnya seperti Mina dan Muzdalifah, dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup jemaah haji serta mengurangi jumlah kematian menjadi kurang dari lima per 100 ribu orang pada tahun 2030. Dengan langkah ini, Arab Saudi berharap dapat mencapai peringkat global keenam dalam kualitas jalan.
Sumber
Detik.com