Persiapan Maksimal Menuju Musim Haji, Saudi Pasok 1 Juta Meter Kubik Air Per Hari Selama Puncak Haji
10 Juni 2024
BAITULLAH.CO.ID – Dalam kesiapan menjelang musim haji, Arab Saudi telah memastikan pasokan air yang memadai di wilayah Makkah, Madinah, dan tempat-tempat suci lainnya. Dilaporkan oleh kantor berita Saudi, SPA, perusahaan teknologi dan transmisi air telah menyelesaikan persiapan dengan menyediakan setidaknya 1 juta meter kubik air per hari, yang dapat ditingkatkan hingga 1,3 juta meter kubik jika diperlukan. Hal ini terjadi berkat aktivasi penuh Waduk Mughmas yang kini memiliki kapasitas melebihi aslinya, mencapai 1 juta meter kubik.

Baca Juga: Keutamaan dan Makna dari "MasyaAllah" Ketika Melihat Keindahan Ciptaan Allah

Madina sendiri dijanjikan total pasokan harian hingga 1,4 juta meter kubik, sementara perusahaan telah melakukan peningkatan efisiensi pada stasiun pompa dan kapasitas penyimpanan. "Efisiensi stasiun pompa telah ditingkatkan hingga 125 persen dari kapasitas desainnya, dan kapasitas penyimpanan operasional telah ditingkatkan hingga 98 persen dari kapasitas penyimpanan semula," demikian dilaporkan oleh SPA.

Tidak hanya itu, perusahaan juga telah menyelesaikan semua jenis pemeliharaan untuk memastikan peralatan dan perangkat terkait beroperasi secara efisien dan efektif. Koordinasi dengan berbagai entitas dan badan keamanan terkait musim haji telah ditingkatkan, termasuk inspeksi lapangan untuk memastikan pemasokan air yang andal dan efisien di Makkah, Madinah, dan tempat-tempat suci lainnya.

Di samping persiapan air, Arab Saudi juga memfokuskan perhatiannya pada sistem transportasi dan logistik untuk menyambut jemaah haji tahun ini. Wakil Emir Wilayah Makkah, Pangeran Saud bin Mishal bin Abdulaziz, memimpin rapat di Jeddah untuk meninjau kesiapan sistem transportasi dan logistik. Rapat tersebut membahas alokasi lebih dari 7.700 penerbangan udara dan penerimaan 6.000 jemaah melalui jalur laut di Pelabuhan Islam Jeddah.

Perencanaan kesiapan sistem transportasi melibatkan penugasan 47.000 personel yang bertanggung jawab atas enam bandara dan penerimaan jemaah.

Lebih dari itu, empat maskapai nasional telah disiapkan untuk mengangkut jemaah. Upaya juga dilakukan untuk memfasilitasi pergerakan jemaah dengan persiapan ruangan khusus untuk jemaah dari Inisiatif Rute Makkah dan tujuh negara lainnya. Sistem ini menyediakan 150 pesawat dan 50.000 penerbangan udara dengan kapasitas mencapai satu juta kursi.

Dalam rapat tersebut, Kementerian Transportasi dan Logistik menyoroti pemeliharaan jalan raya dan perbaikan jalan menuju Makkah dari pelabuhan darat.

Proyek jalan baru, termasuk jalan langsung Jeddah-Makkah sepanjang 50 km, telah diselesaikan untuk memfasilitasi pergerakan jemaah dan mempersingkat waktu perjalanan antara Bandara Internasional King Abdulaziz dan Makkah.

Baca Juga:Peringatan Gelombang Panas di Madinah, Saudi Berikan Peringatan

Dengan persiapan yang terkoordinasi dan menyeluruh ini, Arab Saudi bertujuan untuk memastikan pengalaman haji yang aman, lancar, dan berkesan bagi jemaah yang berkumpul di tanah suci.
Sumber
Detik.com