Tempat Bersejarah di Kota Mekkah, Kalian Wajib Berkunjung Kesini
02 Oktober 2023

Baitullah.co.id - Mekkah merupakan tempat suci bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia, terletak di Arab Saudi. Selain itu, kota Mekkah termasuk kota yang paling lama ditinggali Rasulullah SAW, sebelum beliau hijrah ke Madinah.

Setiap tahun atau bahkan setiap harinya, jutaan umat Muslim dari seluruh penjuru negeri datang ke kota Mekkah untuk menjalankan ibadah Haji dan Umroh.

Selain itu, kota Mekkah juga memiliki banyak tempat-tempat bersejarah yang biasanya dikunjungi oleh para jamaah Haji dan Umroh karena nilai Sejarah dan budaya yang kental dengan agama islam.

Berikut merupakan 3 tempat bersejarah di Mekkah yang wajib kalian kunjungi :

1. Masjidil Haram dan Kabah
Masjidil Haram dan Ka'bah

Masjidil Haram adalah salah satu masjid terbesar di dunia yang terletak di Arab Saudi yaitu kota Mekkah. Dibangun mengelilingi kabah yang menjadi arah kiblat umat muslim dalam mengerjakan ibdaha shalat.

Masjidil haram artinya masjid yang memiliki tanah haram. Kenapa dinamakan tanah haram? Para ulama mengatakan karena didalam tanah itu ada berbagai ketentuan yang tidak boleh atau haram untuk kita lakukan seperti berburu, mengangkat senjata, mematahkan tumbuhan dan seterusnya, termasuk haram untuk dimasuki oleh orang kafir.

Ka’bah dibangun kembali oleh Nabi Ibrahim AS setelah sempat rata dengan tanah. Letak ka’bah yang dibangun oleh Nabi Ibrahim AS tepat dengan letak ka’bah yang dubangun oleh Nabi Adam AS


2. Gua Hira

Gua Hira

Gua Hira adalah tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama kali dari Allah SWT melalui malaikat Jibril. Wahyu yang pertama kali diterima oleh Nabi Muhammad SAW adalah surat Al-Alaq ayat 1 sampai ayat 5.

Gua Hira terletak di Jabal Nur atau Gunung Bercahaya yang terletak di Kota Mekkah, tempat ini menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh jamaah Haji dan jamaah Umroh, karena menjadi salah satu tempat teristinewa yang berada di Mekkah.

3. Jabal Rahmah
Jabal Rahmah

Jabal Rahmah atau gunung Rahmah merupakan gunung kecil yang berada di Arafah yang sangat bersejarah bagi umat muslim di penjuru negeri. Dikisahkan, di bukit inilah Adam dan Hawa dipertemukan kembali setelah 100 tahun lamanya ketika mereka diturunkan dari langit ke bumi. Sejek kejadian tersebut Jabal Rahmah ini di percaya sebagai tempat terbaik untuk meminta jodoh.

Baca Juga : 8 Tips Sebelum Berangkat Umroh, Jangan Pernah Tergiur Dengan Hal yang Tidak Wajar

Itulah beberapa tempat bersejarah di Kota Mekkah yang harus Sahabat kunjungi jika sedang beribadah umroh dan haji ke tanah suci. Sahabat Baitullah, kami akan menemani perjalanan sahabat mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada di kota Mekkah tentunya dengan Baitullah Superapp. Download aplikasi Baitullah SuperApp dan nikmati berbagai macam pilihan paket Umroh dan Haji yang tersedia.