Jemaah Pakai Masker Pada Saat Di Armuzna, Menag Ingatkan
13 Juni 2024
BAITULLAH.CO.ID – Dalam menghadapi momen puncak haji yang semakin dekat, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memberikan imbauan penting kepada jemaah haji untuk menjaga kesehatan dan stamina mereka. Selama berada di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna), Menag mengingatkan jemaah agar selalu mengenakan masker dan membawa semprotan air.

Baca Juga:Kisah dan Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang Tidak Terlihat Oleh Musuh

Menag Yaqut menekankan pentingnya istirahat dan menjaga stamina dalam beberapa hari menjelang puncak haji. "Jaga kesehatan, jaga stamina, hemat energi, masa 2-3 hari ke depan ini untuk memperkuat stamina, banyak istirahat saja, hemat energinya," ujarnya saat melakukan peninjauan fasilitas di Arafah.

Selain mengenai kesehatan fisik, Menag juga memberi perhatian pada kebutuhan akan perlindungan dari debu yang banyak di daerah tersebut. "Yang penting masker ya, karena debu banyak di sini," tegasnya.

Tak hanya itu, sebagai langkah pencegahan tambahan, ia menyarankan agar jemaah membawa semprotan air untuk menjaga suhu tubuh dan menghindari risiko terkena heatstroke. "Untuk menjaga suhu tubuh, biar tidak terlalu panas sehingga menghindarkan dari stroke," kata Menag.

Menag Yaqut juga menyampaikan permintaan kepada panitia agar menyediakan semprotan air untuk jemaah haji. "Saya nanti minta panitia just in case menyediakan semprotan air, syukur-syukur kalau pihak Masyariq menyediakan," ucapnya.

Dalam peninjauan di Arafah dan Mina, Menag menyoroti ketersediaan air dan akses toilet untuk disabilitas. Dia mengakui bahwa Masyariq telah melakukan banyak perbaikan fasilitas seperti toilet dan tenda.

"Sudah banyak perbaikan yang dilakukan Masyariq, sekarang kita tinggal tawakal, berserah diri pada kebesaran Allah. Semoga layanan haji yang beberapa hari ke depan di Armuzna berjalan dengan baik dan lancar," harapnya.

Dengan imbauan dan perhatian yang diberikan oleh Menag Yaqut, diharapkan jemaah haji dapat menjalani ibadah dengan nyaman dan lancar, serta tetap menjaga kesehatan dan keamanan mereka selama berada di tempat-tempat suci tersebut.

Baca Juga: Mengintip Persiapan Saudi untuk Puncak Haji di Armuzna, Siap Mengemban Tugas Besar
Sumber
Detik.com