Madinah Punya! 5 Masjid Indah dan Megah, Jemaah Harus Berkunjung
03 Oktober 2023

Madinah merupakan tempat suci bagi umat islam selain mekkah. Rasulullah SAW menjadikan kota ini sebagai kota suci (Al-Haram).

Dari tempat inilah syair dan peradaban islam dipancarkan ke berbagai penjuru negeri di seluruh dunia. Tidak hanya itu, Madinah menjadi tempat tinggal Nabi Muhammad SAW dan dikenal dengan sebutan Madinatunnabiy (Kota Nabi Muhammad SAW). Madinah menjadi saksi perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam berjuang menegakkan agama Allah SWT hingga beliau wafat. Bahakan makam beliau berada di Madinah bersama makam kedua sahabat dekatnya, Abu Bakar dan Umar Bin Khattab.

Selain itu kota Madinah juga memiliki tempat bersejarah lainnya, seperti masjid-masjid yang berikut ini :

1. Masjid Nabawi
Masjid Nabawi Madinah

Nilai dan pahala saat melaksanakan salat di Masjid Nabawi sangat tinggi sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW,

عَنْ جَابِرٍ قَالَ: أَنَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّم: صَلاةٌ فِي مَسْجِدِي هَذَا أَفْضَلُ مِنْ أَلْفَ صَلاةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلا الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ، وَصَلاةٌ فِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةَ أَلْفِ صَلاةٍ فِيمَا سِوَاهُ

Artinya: "Jabir RA berkata: sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: "Salat di masjidku lebih mulia nilainya 1.000 kali lipat dibanding salat di masjid lain, kecuali di Masjidil Haram dan salat di Masjidil Haram lebih mulia nilainya 100.000 kali lipat dibanding salat di masjid lain." (HR Ibnu Majah)

2. Masjid Quba
Masjid Quba

Masjid Quba merupakan masjid pertama yang didirikan oleh Rasulullah SAW dan dibangun dua kali. Dalam membangun Masjid Quba, Rasulullah SAW dibantu oleh Malaikat Jibril yang memberi petunjuk dari arah kiblat masjid tersebut.

Keutamaan masjid ini dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW,

وَعَنْ سَهْل بن حُنَيْفٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ الله صلى الله عليه وسلم: مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ أَنَّى مَسْجِدَ قُبَاءَ فَصَلَّى فِيهِ صَلاةً كَانَ لَهُ كَأَجْرٍ عُمْرَةٍ

Artinya: "Sahl bin Hunaif RA berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa bersuci (membersihkan diri dari najis dan hadas) di rumahnya kemudian datang ke Masjid Quba dan salat di dalamnya, ia mendapatkan pahala seperti pahala umrah." (HR Ibnu Majah)

3. Masjid Al-Qiblatain
Masjid Al Qiblatain

Sewaktu Baginda Rasulullah sedang berada di Madinah dan dalam kerinduan dengan tempat asalnya Mekkah, Baginda bershalat di sebuah masjid yang pada ketika itu kiblatnya adalah Masjidil Aqsa di Baitul Maqdis. Berlaku peristiwa yang telah terjadi di tahun Ke-2 hijrah pada bulan Rajab sewaktu shalat Dzuhur, Rasulullah SAW sedang shalat dengan menghadap ke arah Masjidil Aqsa.

Allah swt sangat mengetahui apa yang ada di dalam hati seorang rasul-Nya yang sedang merindukan Mekah tempat asalnya.

Sewaktu shalat, turunlah wahyu surat Al Baqarah ayat 144, yang bermaksud;

“Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Alkitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.”

Baca Juga : Masjid Nabawi, Satu dari 3 Masjid di Madinah yang Harus Kamu Datangi

4. Masjid Sab’ah
Masjid Sub'ah Madinah

Masjid Sab’ah merupakan pos keamanan yang ditempatkan oleh sahabat-sahabat Rasulullah ketika meletusnya perang khandak. Masjid Sab’ah berarti masjid yang berjumlah tujuh buah, yaitu sekelompok masjid-masjid dengan ukuran kecil dan jumlahnya mencapai tujuh buah. Masjid tersebut antara lain; Masjid Salman, Masjid Abu Bakr, Masjid Umar, Masjid Usman, Masjid Ali, Masjid Fatimah, dan Masjid Fath.

5. Masjid Al-Ghamamah
Masjid Al Ghamamah Madinah

Masjid Al-Ghamamah adalah masjid yang digunakan oleh Rasulullah dan para sahabatnya melakukan shalat Idul Fitri, Idul Adha, dan Shalat Istiqa(Shalat meminta ujan). Kata Ghamamah artinya awan atau mendung. Masjid ini diberikan nama Ghamamah karna pada saat zaman Rasulullah, penduduk di sekitar Madinah sedang mengalami kekeringan sehingga meminta Rasulullah agar Allah SWT menurunkan hujan kepada mereka.