10 Doa Sehari-hari Mudah Dihafal, Yuk Amalkan!
04 Oktober 2023

Baitullah- Doa adalah permohonan atau permintaan dari seseorang hamba kepada Allah SWT terhadap sesuatu hal. Doa dalam islam merupakan bagian paling mendasar dari ibadah. Segala kegiatan yang akan kita lakukan pasti membutuhkan perlindungan dan kelancaran untuk menjalaninnya yaitu dengan berdoa. Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat islam untuk selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Melalui doa, seorang hamba menundukkan dirinya atau berserah diri, menampakkan kebutuhannya kepada Dzat yang Maha Pemberi dan Maha Kaya. Dengan hati yang berpasrah, tutur kata yang baik, tidak mungkin bagi-Nya tidak mengabulkan doa seorang hambanya.

Berikut Doa-doa yang mudah dihafal dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari :

1. Doa Bangun Tidur

Doa bangun tidur adalah salah satu sunnah Rasulullah yang penuh hikmah, salah satunya adalah kita masih diberi kesempatan untuk bangun di pagi hari dengan keadaan sehat.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Artinya : “ Segala puji bagi-Mu Ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku dan hanya kepada-Nya nanti kami semua akan dihidupkan kembali.” (HR Ahmad, Bukhari & Muslim)

2. Doa Masuk Kamar Mandi

Kita dianjurkan untuk membaca doa masuk kamar mandi, karena agar terhindar dari gangguan setan dan jin yang berada di dalam kamar mandi.

بِاسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَاءِثِ

Artinya : “ Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan Perempuan.” (HR Bukhari & Muslim, dari Anas bin Malik)

3. Doa Keluar Kamar Mandi

Ketika kita sudah keluar kamar mandi hendak membaca doa untuk mengucapkan Syukur kepada Allah SWT karna sudah dilindungi dari gangguan yang ada di dalamnya.

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ

Artinya :” Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Allah SWT yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.”


4. Doa Saat Melepas Pakaian

Pada saat kita melepaskan pakaian, alangkah baiknya berdoa agar terhindar dari penglihatan setan dan jin yang meilihat aurat kita.

بِاسْمِ اللهِ

Artinya : “ Dengan menyebut nama Allah.” (HR Ibnu Majah, dari Ali bin Abi Thalib)


5. Doa Saat Menggunakan Pakaian

Bacalah doa saat sedang menggunakan pakaian, sebagai tanda Syukur kita kepada Allah SWT dan menjaga diri dari kejahatan dan keburukan pakaian yang digunakan.

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَسَانِي هَذَا الثوْبَ وَرَزَقَنيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنيِّ وَلَا قُوَّةٍ

Artinya : “ Segala puji bagi Allah yang telah menganugrahkan pakaian ini kepadaku, tanpa ada daya serta kekuatan dariku.” (HR Tarmizi Ibnu Majah, dari Mu’adz bin Anas Al-Anshari)

Baca Juga : Surah Al-Ikhlas Setara dengan Sepertiga Al-Qur’an?

6. Doa Bercermin

Membaca doa saat bercermin merupakan adab yang baik untuk menumbuhkan rasa Syukur kita

اللَّهُمَّ كَمَا حَسَنْتَ خَلْقِي فَأَحْسِنُ خُلُقِي وَحَرِّمْ وَجْهِي عَلَى النَّارِ

Artinya : “ Ya Allah sebagaimana engkau telah memperindah rupaku maka memperindah pula lah akhlakku.” (HR Bazzar)


7. Doa Makan

Sangat penting untuk kita membaca doa makan, jika kita melewatinya maka setan akan ikut makan bersama kita sehingga tidak memperoleh keberkahan dari yang dimakannya

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَناَ فِيْمَا رَزَقْتَنا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Artinya : “ Ya Allah, berkahilah kami pada rezeki yang telah kau karuniakan untuk kami dan lindungilah kami dari siksa neraka. Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. “ (HR Malik)


8. Doa Setelah Makan

Tidak lupa untuk membaca doa setelah makan sebagai bentuk rasa Syukur dan nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita semua.

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Artinya : “ Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan telah memberi kami minum, serta telah menjadikan kami sebagai orang-orang islam.” (HR Ahmad)


9. Doa Tidur

Membaca doa sebelum tidur bisa melindungi dan menjaga hingga fajar tiba atau sampai terbangun dari tidur.

بِاسْمِكَ اللهُمَّ أَحْيَا وَأَمُوْتُ

Artinya : ” Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah aku hidup dan dengan menyebut nama-Mu aku mati.”


10. Doa Selamat Dunia Akhirat

Membaca doa selamat dunia akhirat tujuannya agar terhindar dari hal-hal negatif di dunia maupun di akhirat.

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya : “ Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta menyelamatkan kami dari siksa nereka. ( Q.S Al-Baqarah : 21)