Alasan 2 Kota ini Disebut Kota Suci, Makkah dan Madinah
05 Oktober 2023

Baitullah - Makkah dan Madinah disebut sebagai Kota Suci oleh umat muslim seluruh dunia, mengapa demikian? Julukan tanah suci tersebut, sebab Allah SWT sendiri telah mengharamkan (menjadikan suci) kedua tempat terebut hingga akhir kiamat.

Makkah

Makkah

Kota Makkah ini terkenal dengan sebutan tanah haram, tanah haram yang dimaksud adalah tanah yang disucikan oleh Allah SWT. Rasulullah SAW telah bersabda pada hari jatuhnya kota Mekah, "Sesungguhnya negeri ini telah disucikan oleh Allah pada hari Dia menciptakan langit dan bumi. Maka negeri ini, (Makah) adalah suci karena disucikan oleh Allah sampai hari kiamat; duri-durinya tidak boleh dicabut, hewan buruannya tidak boleh diburu, dan barang temuannya tidak boleh dipungut kecuali oleh orang yang hendak mengumumkannya, dan tetumbuhannya tidak boleh ditebangi." (Disebutkan di dalam hadis sahihain melalui Ibnu Abbas)


Kota Makkah tidak hanya dijuluki sebagai kota suci atau tanah haram, akan tetapi kota ini juga memiliki sejumlah keutaamaan, salah satunya yaitu Allah SWT memilih kota ini sebagai berdirinya ka’bah. Terkait hal itu, Allah SWT pun berfirman dalam surah Ali 'Imran ayat 96:

اِنَّ اَوَّلَ بَيْتٍ وُّضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِيْ بِبَكَّةَ مُبٰرَكًا وَّهُدًى لِّلْعٰلَمِيْنَۚ

Artinya: "Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia adalah (Baitullah) yang (berada) di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam."

Selain itu Makkah Allah SWT melindungi Makkah dari serangan luar, sebagaimana mestinya Nabi Muhammad SAW bersabda “ Sesungguhnya Allah SWT melindungi Makkah dari serangan gajah, serta dia jadikan Rasul-Nya dan orang mukmin menguasainya (HR Al-Bukhari)

Saking istimewanya Makkah menjadi negeri yang terbaik dan paling dicintai oleh Allah SWT, Nabi Muhammad SAW bersabda sembari menghadapkan wajahnya ke Makkah, ketika beliau hendak hijrah ke Madinah, “ Demi Allah SWT sesungguhnya engaku adalah negeri yang paling baik di sisi Allah SWT dan negeri yang paling dicintai Allah SWT. Andaikan bukan karena pendudukmu yang mengusirku, aku tidak akan berpindah.” (HR Ad-Daruquthni)

Madinah
Madinah

Tidak hanya Makkah yang disebut sebagai Kota Suci karena terdapat Masjidil Haram dan Ka’bah merupakan simbolnya, maka Madinah juga disebut kota suci karena terdapat Masjid Nabawi yang merupakan pusat kekuasaan islam. Kota Madinah memiliki karisma tersendiri, yaitu masyarakatnya yang sanagat terbuka, tingginya sikap toleransi dan peradaban. Mereka adalah orang-orang yang mengutamakan persaudaraan dibandingkan konflik dan kekerasan. Sebab itu, pluralitas menjadi karakter yang menonjol dari kota Nabi ini.

Kesucian Kota Madinah menurut Anas R.A mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “ Madinah itu haram (tanah suci) dari ini sampai ini, tidak boleh dipotong (ditebang) pohonnya, dan tidak boleh dilakukan bid’ah di dalamnya. Barangsiapa yang membuat bid’ah (atau melindungi orang yang berbuat bi’ah) di dalamnya, maka dia terkena laknat Allah SWT, Malaikat dan Manusia seluruhnya.”

Baca Juga : Kota Paling Suci dan Sejuta Keutamaan Didalamnya, Mengapa??