83% Jemaah Wafat adalah Haji Ilegal, Agen Travel 'Nakal' Disorot Saudi
25 Juni 2024
BAITULLAH.CO.ID – Selama puncak pelaksanaan ibadah haji, lebih dari 1.301 jemaah meninggal dunia, dengan 1.079 atau 83% di antaranya adalah jemaah tanpa visa haji. Agen travel 'nakal' yang memberangkatkan jemaah tanpa visa resmi menuai kecaman karena menyebabkan banyak jemaah tidak mendapatkan fasilitas yang memadai, sehingga banyak yang kelelahan, kelaparan, dan meninggal dunia.

Baca Juga: Kisah Nabi Muhammad dan Mukjizat Meramalkan Sang Istri

Kolonel Talal Al-Shalhoub, juru bicara keamanan Kementerian Dalam Negeri Saudi, menyatakan bahwa beberapa perusahaan wisata dari berbagai negara telah menipu jemaah dengan visa kunjungan yang tidak diperuntukkan untuk haji. Jemaah dengan visa non-haji ini sering tinggal di Makkah selama dua bulan sebelum musim haji.

"Kementerian telah mengambil langkah proaktif untuk mengintensifkan kampanye kesadaran dan menegakkan hukuman ketat bagi pelanggar," kata Al-Shalhoub dalam wawancara dengan Al-Arabiya. Ia menekankan bahwa izin haji penting untuk memfasilitasi akses dan menyediakan layanan serta perawatan kesehatan yang diperlukan.

Jemaah tanpa visa haji tidak berhak menggunakan fasilitas seperti tenda ber-AC, transportasi bus, atau layanan kesehatan yang memadai. Akibatnya, 83% kematian selama musim haji terdiri dari mereka yang tidak memiliki izin haji. Al-Shalhoub menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban.

Kolonel Al-Shalhoub juga menegaskan keberhasilan sistem pengamanan musim haji 2024, yang dilaksanakan di bawah arahan Menteri Dalam Negeri dan Ketua Komite Haji Tertinggi Pangeran Abdulaziz bin Saud bin Naif. Ia menyatakan bahwa keberhasilan ini berkat upaya terkoordinasi antara berbagai lembaga keamanan dan pemerintah untuk memastikan jemaah dapat melaksanakan ibadah haji dengan aman dan nyaman.

Pembaharuan terus dilakukan melalui media sosial resmi Keamanan Publik mengenai penangkapan oknum penyedia travel haji ilegal, yang selanjutnya ditindak ke Kejaksaan Umum. Al-Shalhoub juga mengapresiasi tindakan tegas dari beberapa negara terhadap agen travel penipu dan upaya perbaikan untuk mencegah pelanggaran di masa mendatang.

Baca Juga: Air Zamzam Dilarang Masuk Koper, Jemaah Haji Akan Menerima 5 Liter di Asrama

Platform Baitullah merupakan platform yang menyediakan berbagai macam paket umrah dan haji dari berbagai travel-tavel yang ada di Indonesia. Travel yang sudah terverifikasi, aman dan tepercaya. Untuk menghindari travel ‘nakal’ pakai platform Baitullah, sudah dijamin aman dan pasti berangkat.
Sumber
Detik.com