Pahala Berlimpah, 5 Amalan Istimewa yang Bisa Dilakukan Pada Hari Jumat
06 Oktober 2023

Baitullah - Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi kaum muslim, meski semua hari itu dianggap baik dalam Islam, tetapi hari jumat menjadi hari yang paling mulia. Sebagaimana hari diciptakannya manusia pertama yakni Nabi Adam AS, ternyata beliau Allah SWT ciptakan pada hari jumat.

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Artinya: “Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (HR Imam Muslim dari Abu Hurairah RA)

Sayang sekali jika kita melewatkan hari yang istimewa ini dengan tidak mengamalkan hal-hal yang menjadi ladang pahal untuk kita, berikut 5 amalan yang bisa dilakukan pada hari jumat :

 

1. Memperbanyak Baca Al-Quran

Kita sebagai umat muslim, perbanyaklah membaca Al-Quran agar Allah SWT senantiasa memudahkan segala urusan kita di Dunia maupun di Akhirat. Pada hari Jumat umat muslim dianjurkan untuk membaca Surat Al-Kahfi, keutamaan membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat ini disebutkan dalam sejumlah Riwayat, salah satunya riwayat An Nasa'i dan Baihaqi bahwa Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Artinya: "Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum'at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum'at." (HR. An Nasa'i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih sebagaimana dalam Shohihul Jami'.)

 

2. Perbanyak Shalawat

Salah satu amalan yang bisa dilakukan pada hari jumat adalah perbanyak shalawat. Shalawat dapat mendatangkan keberkahan serta mencegah seseorang dari kekafiran atau sifat kikir, perbanyaklah shalawat sebagai ucapan atas nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita.

Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadits riwayat Aus bin Aus yang artinya:

“Sesungguhnya di antara hari-harimu yang paling utama adalah hari Jumat, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu beliau wafat, pada hari itu juga ditiup (sangkakala), dan pada hari itu juga mereka pingsan. Maka perbanyaklah shalawat kepadaku karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku.”

 

3. Perbanyak Dzikir dan Doa

Perbanyaklah dzikir pada hari jumat, dzikir menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, maka Allah akan memudahkan segala urusan kita dan dikabulkannya doa setiap umat muslim.

فِيْهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا

Artinya: “ Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seorang Muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah SWT , niscaya permintaannya akan dikabulkan.’ Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menun-jukkan sedikitnya waktu itu.” (HR. Bukhari No. 935)

Waktu yang disebutkan dalam hadist tersebut yaitu :

  • Saat imam duduk di waktu shalat jumat hingga dilaksanakannya shalat tersebut
  • Hingga setelah Asar


Baca Juga : 10 Doa Sehari-hari Mudah Dihafal, Yuk Amalkan!

4. Membersihkan Diri

Sunnah untuk membersihkan diri pada hari Jumat tidak hanya untuk laki-laki saja yang hendak berangkat shalat Jumat, tetapi untuk Perempuan juga.

Rasulullah SAW juga menganjurkan amalan yang lain yang bisa dilakukan dengan mudah. “Hendaklah juga ia menyikat gigi dengan siwak,” (HR Bukhari dan Muslim).

Selain mandi dan sikat gigi, memotong kuku juga menjadi amalan hari Jumat yang bernilai pahala. Selain mendapatkan kebersihan dan turut membantu dalam menjaga kondisi kesehatan.

 

5. Menggunakan pakaian terbaik dan wewangian

Selain membersihkan diri, seorang muslim dianjurkan untuk menggunakan pakaian dan wewangian pada hari Jumat. Rasulullah SAW menyarankan para pria menggunakan wewangian atau minyak wangi sebelum pergi shalat jumat.

Berikut sabda Rasulullah SAW terkait himbauan membeli pakaian untuk shalat Jumat:

“Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk shalat Jumat, kecuali pakaian untuk bekerja,” (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani).

Rasulullah SAW juga bersabda untuk menggunakan wewangian pada hari jumat :

“Barang siapa yang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu salat sesuai dengan kemampuan dirinya. Dan ketika imam memulai khotbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Itulah beberapa amalan istimewa yang bisa dilakukan pada hari Jumat, semoga bermanfaat.