Masih Banyak Jemaah Haji yang Membawa Air Zamzam dalam Koper, PPIH Kembali Mengingatkan
01 Juli 2024
BAITULLAH.CO.ID – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mengingatkan kembali jemaah haji Indonesia untuk tidak memasukkan air zamzam dalam koper bagasi mereka. Air zamzam, dalam bentuk kemasan apa pun, dilarang untuk dibawa di dalam koper bagasi.

Baca Juga: Kisah Uwais al-Qarni, Pria dari Yaman yang Disayangi Rasulullah

Direktur Layanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab, menyatakan bahwa masih banyak koper bagasi jemaah yang ditemukan mengandung air zamzam saat proses X-Ray di gudang pemeriksaan.

"Selama seminggu pemulangan, masih banyak koper jemaah yang ditemukan membawa air zamzam. Akibatnya, koper-koper tersebut harus dibongkar di gudang pemeriksaan untuk mengeluarkan air zamzamnya," ujar Saiful Mujab dikutip detikhikmah, Sabtu (29/6/2024).

Saiful Mujab mengimbau jemaah untuk mematuhi aturan ini demi kelancaran proses pemeriksaan dan kepulangan ke Tanah Air. Jika koper jemaah terdeteksi membawa air zamzam, tim pemeriksaan akan segera melakukan pembongkaran.

"Kami mengingatkan kembali, jemaah dilarang memasukkan air zamzam dalam koper bagasi. Jika terdeteksi, koper bagasi tersebut akan dibongkar dan air zamzam akan dikeluarkan. Air zamzam sangat mudah terdeteksi melalui X-Ray," tegasnya.

Saiful juga menekankan bahwa jemaah tidak perlu khawatir kekurangan air zamzam. Pemerintah telah menyiapkan air zamzam untuk jemaah haji Indonesia yang akan pulang, masing-masing akan mendapatkan 5 liter.

Baca Juga: Tanda-Tanda Haji Mabrur Menurut Al-Qur'an

"Setiap jemaah akan mendapatkan lima liter air zamzam dalam kemasan galon yang akan dibagikan setibanya di Asrama Haji di Indonesia," jelasnya.
Sumber
Detik.com