Waktu Terbaik Melaksanakan Umroh, Catat!
09 Oktober 2023

Baitullah - Kapan waktu terbaik untuk melaksanakan ibadah umroh? Apakah diawal tahun atau diakhir tahun? Apakah di waktu Ramadhan? Banyak sekali pertanyaan yang dianjurkan oleh para jamaah umroh, khususnya orang Indonesia. Tidak heran mengapa mereka menginginkan waktu yang terbaik pada saat umroh, agar mereka bisa melaksanakan ibadah umroh bersama pasangan atau keluarga dengan nyaman yang dimana ini menjadi moment yang paling berkesan.

Sebelum memutuskan untuk pergi melaksanakan ibadah umroh di tanah suci, ada baiknya mempersiapkan waktu terbaik agar bisa fokus beribadah selama berada di tanah suci.

Berikut Waktu Terbaik Melaksanakan Umroh :

1. Umroh Diawal Musim Setelah Musim Haji (bulan Muharram)

Umroh diawal musim setelah musin haji bisa menjadi salah satu pilihan untuk melaksanakan ibadah umroh. Para jamaah haji sudah kembali ke negara asal mereka, sehingga keadaan kota mekkah yang tenang dan tidak terlalu desak-desak membuat kita lebih leluasa pada saat berdoa. pada waktu ini keadaan masjidil haram lebih mudah untuk dijelajahi dan kita lebih leluasa mencium Hajar Aswad tanpa harus berdesak-desakan dengan banyak orang.

2. Umroh di Bulan Desember dan Januari

Umroh di akhir atau diawal tahun bisa menjadi salah satu pilihan untuk melaksanakan ibadah umroh. Untuk akhir tahun biasanya kebanyakan orang menggunakan kesempatan ini untuk pergi berlibur ke luar negeri. Diakhir tahun, pada umumnya harga tiket akan sedikit melonjak dikarenakan peak season, maka dari itu untuk kita perlu memesan tiket dari jauh-jauh hari untuk keberangkatan di akhir tahun ini.

Beberapa orang memilih umroh diawal tahun agar mereka bisa memulai hidup yang lebih baik dipergantian tahun ini. Tidak hanya itu, pada awal tahun musim di Tanah Suci tidak terlalu panas, hal ini akan membuat kita lebih nyaman pada saat melaksanakan ibadah umroh.

Baca Juga : Pemerintah Kerajaan Arab Saudi Resmi Tambah Kapasitas Perhotelan untuk Jemaah Umroh

3. Umroh di Bulan Ramadhan

Umroh di bulan Ramadhan bisa menjadi salah satu pilihan untuk melaksanakan ibadah umroh. Di bulan Ramadhan sendiri, banyak sekali pahala yang bisa kita dapatkan tanpa melaksanakan ibadah umroh, bagaimana jika sedang melaksanakan ibadah umroh? Tentu pahalanya akan lebih besar. Untuk umroh dibulan Ramadhan ini kita harus mempersiapkannya dari jauh-jauh hari, karna ini adalah waktu favorit kebanyakan orang untuk melaksanakan ibadah umroh, bahkan orang Arab Saudi pun berlomba-lomba untuk berburu pahala yang berlipat ganda di Tanah Suci ini.

Nabi Muhammad ﷺ bersabda:

 

فَإِذَا كَانَ رَمَضَانُ اعْتَمِرِى فِيهِ فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ حَجَّةٌ

Artinya: “Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Itulah 3 waktu terbaik untuk melaksanakan ibadah umroh bersama pasangan atau bersama keluarga. Bersama Baitullah, kamu bisa menabung dengan paket yang dipilih dan menentukan waktu sesuai dengan yang diinginkan.